Minggu, 10 November 2013

# sudut pandang

PROYEK TANPA RENCANA, BERHASILKAH?

Di bulan November yang sudah mulai diguyur hujan sehari-hari *tidak tahu di daerah lain tapi di Semarang sudah hampir tiap hari hujan ;) * Komandan BlogCamp, Abdul Cholik, ternyata meluncurkan Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014.

Hmmmm….sepertinya beliau yang akrab disapa Pakdhe ini mengajak rekan blogger untuk MOVE ON lebih awal agar bisa produktif seperti beliau. Lihat saja tahun ini sudah berapa buku yang beliau terbitkan.


MOVE ON lebih awal??? Biasanya sesuatu yang berbau harapan, impian dan kali ini lebih serius namanya, PROYEK, untuk tahun depan akan digelar akhir bulan atau bahkan tepat di hari terakhir penghujung tahun. Pakdhe mengambil waktu 2 bulan sebelumnya. Semoga para peserta mengirimkan rencana Proyek Monumental Tahun 2014 tidak mepet di hari-hari terakhir ya *ngomong sama diri sendiri*


Hadiahnya voucher menulis buku, contoh proyeknya juga menulis buku, haduh Pakdhe….harus tentang buku ya??? *duduk tepekur di pojokon*. Tik tok tik tok …pusing karena tahun depan masih dalam proses Fenny mewujudkan dreamboard Fenny berikut ini:

Dreamboard Fenny ala Oriflame dBC Network Dreamboard Fenny ala Oriflame dBC Network

Lupakan ide proyek yang belum nongol, Fenny tertarik mengulik contoh proyek yang Pakdhe tulis di Menerbitkan Buku Novel:Proyek Monumental Tahun 2014.

Di artikel tersebut, Pakdhe memberikan contoh detail bagaimana perencanaan proyek monumental yang tidak hanya sekedar angan-angan. Munculnya istilah ASIB DIBA yang merupakan singkatan dari kata apa, siapa, bilamana, dimana, dan bagaimana seakan membangunkan Fenny untuk menuliskan perencanaan proyek yang lebih matang. Cocok juga diterapkan untuk mewujudkan dreamboard Fenny ya Pakdhe? :D

Adanya time planner atau jadwal waktu pelaksanaan untuk mewujudkan proyek mengingatkan Fenny tentang perencanaan proyek yang benar-benar serius layaknya kegiatan Pramuka saat SMA. Time planner ini juga Fenny pakai saat bekerja menjadi Manager Toko Online tahun 2012 silam. Harapannya semua bisa berjalan sesuai rencana dan benar-benar tercapai.

Pengalaman selama Fenny menangani proyek atau kegiatan yang direncanakan saja terkadang meleset atau tetap terjadi hal-hal yang tidak terduga. Sisi positifnya membuat perencanaan adalah ketika ada gangguan itu, Fenny menjadi lebih mudah kembali fokus. Lebih mudah mencari solusi. Kalau pun waktu dan lain-lainnya meleset, tidak terlalu jauh dari perencanaan.

Sisi negatifnya, jangan terlalu terpaku dengan perencanaan proyek. Terkadang keinginan untuk menjadi sempurna malah membuat pelaksanaan tidak dimulai atau malah jadi terpaku dengan perencaanaan padahal sering kali saat pelaksanaan ada cara yang lebih tepat.

Jika proyek yang direncanakan saja masih rawan GAGAL, bagaimana dengan proyek tanpa rencana? Berhasil kah? Yuuuk mulai merencanakan dan berbagi proyek monumental tahun 2014 di Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)

Follow Us @soratemplates