Kamis, 30 Januari 2014

SEWA DOMAIN JUTAAN RUPIAH

Domain .com dan beberapa kawan lainnya seperti .net, .biz biasaya dibandrol dengan kisaran harga $7,9. Berdasarkan kurs dollar saat ini, itu berarti sekitar 110ribuan. Cukup terjangkau bukan untuk sewa setahun? Apalagi kalau dibandingin sewa ruko yang bisa berpuluh-puluh jutaan setahun *curcol batal sewa ruko. Harga domain dengan akhiran lainnya bisa di cek disini.



Domain missfenny(dot)com pun dulu juga disewa dengan harga $7,9. Bedanya kurs dollar setahun yang lalu belum meroket seperti saat ini jadi hanya perlu merogoh kocek sekitar 90ribuan.


Dan hari ini Fenny terkejut ketika ingin memperpanjang sewa domain karena ternyata…domain missfenny.com dibandrol dengan harga $79,9 (setara dengan 1 jutaan rupiah) *pingsan seketika

Usut punya usut, domain yang sudah jatuh tempo untuk diperpanjang memiliki masa tenggang untuk diaktifkan kembali atau tidak. Mirip seperti nomer operator telekomunikasi. Ada masa tenggang sebelum akhirnya di non-aktifkan. Masa tenggang perpanjangan domain berkisar 40 harian.

Sebenarnya branding missfenny.com sudah melekat pada Fenny #narsis. Saat jatuh tempo berakhirnya waktu sewa domain, Fenny masih asyik dengan blog-blog “ternak” lainnya yang ternyata jumlahnya 7 buah. Dua blog ternak gratisan itu sudah mengantarkan Fenny mendapatkan hadiah dari giveaway, uang bakso + tali asih + proyek buku antologi dari Proyek Monumental tahun 2014 pakdhe Cholik bahkan Smartfren Andromax dari lomba blog Emak Gaoel mak Winda Krisnadefa *terharu.

Sedangkan missfenny(dot)com sendiri memang lebih sering Fenny manfaatkan untuk sharing *lebih banyak curcol sebenarnya* tentang kehidupan Fenny sehari-hari. Jadi agak sayang juga untuk memperpanjang. Blog gratisan saja bisa menghasilkan yang luar biasa *hitungan ekonominya kumat

Lama-lama Fenny merasa ada yang kurang dalam hidup Fenny. Kegiatan kopdar, inspirasi dari kejadian sehari-hari di sekitar Fenny rasanya gatel di otak jika belum ditumpahkan di blog. Sedangkan 7 blog Fenny lainnya kurang tepat dengan konten seperti itu.

Ketika mengikuti Proyek Monumental pakdhe Cholik, Fenny memang ber-nadzar jika menang maka akan perpanjang domain dengan uang bakso. Alhamdulillah uang bakso dikirim cepat tapi juga cepat habis untuk beli bakso beneran *kabuuuuuur

Nadzar tetap harus dipenuhi tapi alamaaaak…Fenny harus bayar sewa domain 10 kali lipat??? *nangis bombai. Berhubung uang bakso cukup untuk perpanjang domain dengan harga normal, akhirnya Fenny memilih untuk….

SEWA DOMAIN BARU: MissFenny.net


Pengalaman ini jadi memberikan Fenny tips berikut:
1. Catat kapan waktunya perpanjang domain, bisa di buku catatan atau di Notes HP
2. H-30 sebelum jatuh tempo, yakinkan diri apakah masih perlu perpanjang domain atau tidak
3. Menyiapkan tabungan untuk sewa domain selanjutnya
4. Cek email yang digunakan saat memberikan data sewa domain secara berkala

Pihak provider sendiri (baca: Lautan Hsoting) sudah sering mengirimkan email yang berisi peringatan. Namun Fenny tidak terlalu memperdulikan. Hasilnya …Fenny harus rela missfenny.com dibrandol jutaan rupiah. Saatnya hijrah dengan domain baru. Semoga missfenny.net pun bisa menginspirasi.

Salam blogger ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)