Senin, 21 April 2014

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Microsoft Word

Berhitung sudah menjadi bagian dari keseharian. Menghitung hari, menghitung mantan dan yang paling sering seh menghitung uang ya, cukup kah sampai masa gajian atau tanggal muda lagi?, hihi *pengalaman pribadi. Bagi teman yang suka menulis atau minimal sedang membuat karya ilmiah sejenis makalah, abstrak maupun skripsi, jenis hitungan bisa bertambah satu jenis: MENGHITUNG JUMLAH KATA, setuju?

sumber gambar: bisikan.com
Jangan dibayangkan menghitung jumlah kata dengan menghitung kata satu per satu. Tidak masalah kalau menghitung kata dalam satu dua paragraf atau satu dua halaman. Bagaimana kalau yang dihitung puluhan lembar bahkan ratusan lembar halaman seperti novel atau skripsi? Bisa-bisa mata kita sampai berbentuk huruf.

Dalam hal ini Fenny berterima kasih pada Microsoft Word yang menyediakan fitur untuk menghitung jumlah kata dengan lebih akurat, praktis dan cepat. Cukup dengan mengetik atau copy paste tulisan yang ingin diketahui jumlah katanya. Sorot semua bagian atau bagian-bagian tertentu yang dikendaki lalu lihat disisi bawah kiri. Microsoft word akan secara otomatis memunculkan jumlah kata dalam bentuk (jumlah kata yang dihitung/jumlah kata keseluruhan tulisan) yang bersebelahan dengan penunjuk halaman. Lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini.


Mudah bukan menghitung jumlah kata dalam artikel atau tulisan. Nah…kalau sudah tahu caranya pasti mudah juga dong mengikuti BIRTHDAY GIVEAWAY Fenny yang memiliki ketentuan jumlah kata antara 750-1000 kata per artikel ;) Infonya bisa disimak disini. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. iya mba, kalau ngetik, saya suka ngecek berapa banyak kata di MSword, ga perlu ngitung sendiri, hehehe

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)