Senin, 28 Desember 2015

Menangkap Momen di Cahaya Minim dengan Kamera Ponsel Huawei G8

Desember 28, 2015 3 Comments
Acara party dan BBQ dinner bareng temen-temen kantor, teman-teman dekat atau keluarga biasanya menjadi pilihan acara menjelang akhir tahun. Dan pastinya aka nada momen seru tuh di party. Tidak mau khan kehilangan momen-momen gara-gara tidak bisa mengabadikan dengan kamera ponsel yang lelet atau gambar gelap gara-gara pencahayaan ruangan temaram. Haduuuuh … momen keren itu khan tidak akan terulang lagi.
“Khan bisa pakai flash.”

Hmmm…  menurut Fenny, memotret dengan flash itu membuat hasil foto jadi “palsu”. Jadi kelihatan tidak nyata. Jadi gimana dong? Tenang, ini ada tips jitu dari Fenny.

Sabtu, 26 Desember 2015

SEPUTAR BRANDING, BUKAN SEKEDAR LABELLING

Desember 26, 2015 6 Comments
Saya tergerak untuk menulis mengenai labelling yang terasa berlebihan saat ini. Begitu mudah kita menempelkan suatu profesi hanya karena melakukan satu-dua pekerjaan saja. … Penghargaan terhadap mereka yang betul-betul berprofesi itu menjadi terabaikan. Apalagi ketika mereka kalah pamor dengan para wannabe ini yang populer di ranah maya.
Fenny yakin para pelaku profesional dalam artian yang sebenarnya akan bertepuk tangan membaca redaksi seperti itu. Bisa jadi banyak yang merasa jeritan hatinya ada yang menyuarakan.

Lalu bagaimana dengan Fenny?

Jumat, 25 Desember 2015

Cara Mengetahui No Pin BBM Sendiri di Android

Desember 25, 2015 2 Comments
Tidak ada shortcut menuju sukses tapi ada banyak shortcut untuk memperoleh kemudahan.
Riyana Ratu BB nama bekennya. Perkenalan Fenny dengan beliau sudah cukup lama. Kenalannya di dunia maya gegara Fenny dengan antusias invite pin bb beliau yang masuk dalam daftar pin BB supplier yang direkomendasikan dosen jualan. Tapi kali ini Fenny tidak akan membahas profil beliau. Teman-teman suka lupa no pin BB sendiri? Nah, beliau ternyata memiliki cara mengetahui no pin bb sendiri yang cepat dan praktis. Mau tahu?


Rabu, 23 Desember 2015

Saatnya Berburu Smartwatch Murah Di Awal Tahun 2016

Desember 23, 2015 9 Comments
Kamu belum pantas disebut sebagai pecinta teknologi jika ternyata kamu belum mengenal smartwatch. Teknologi yang satu ini kian melengkapi kecanggihan smartphone keren di genggaman tanganmu. Kalau di tahun 2015 kamu belum berkesempatan memiliki smartwatch, maka awal tahun 2016 adalah waktu yang tepat untuk segera memilikinya.

Mengapa kamu patut memiliki smartwatch andalan di awal tahun 2016?


Beberapa alasan ini tentu akan semakin meyakinkanmu untuk segera berburu smartwatch :

Selasa, 22 Desember 2015

[ Pengumuman Pemenang Blogtour, Review & Giveaway ] Buku 3 Emak Gaul Keliling 3 Kota

Desember 22, 2015 2 Comments
Siapa yang mencintai sejarah dan budaya negerinya, dia lah yang mengenal identitasnya.
Saat bedah buku di Semarang, ada salah satu peserta yang bertanya apa keuntungan mengunjungi museum yang notabene penuh dengan kenangan sedangkan ada salah satu pepatah yang bilang, "Mengenang adalah pekerjaan PENSIUNAN". Ggrrrrhhh ...rasanya ada emosi yang pengen meledak mendengarnya apalagi yang melontarkan pertanyaan itu adalah seorang pemuda. Namun tidak pas jika emosi yang berbicara, lebih pas meluncurkan brainstorming bahwa mengenang sejarah bisa lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan memotivasi untuk ikut berpartisipasi memajukan budaya bangsa. Setuju?



Senin, 21 Desember 2015

Tentang Sebuah Misi & Impian: KONSERVASI

Desember 21, 2015 4 Comments
Perkenalan Fenny dengan impian bermula ketika masih kelas 3 SD. Sebuah buku novel & sastra yang berhasil membuka cakrawala bocah ingusan. Kisahnya Fenny tuliskan disini. Dari situlah Fenny memimpikan sesuatu yang bisa terwujud jika bisa masuk di sekolah favorit tiap jenjangnya. Tapi apalah daya ketika sejak SMP sampai perguruan tinggi, tidak ada satupun yang ada di daftar sekolah impian Fenny sebelumnya. Meskipun demikian, Fenny menikmati setiap detik yang dilalui di bangku sekolah. Puncaknya ketika kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang yaitu di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Perjalanan mewujudkan sekolah impian Fenny di tengah ketidakpuasan karena tidak bisa melanjutkan kuliah di kampus yang Fenny incar hasilnya mempengaruhi kehidupan hingga kini.


Sabtu, 19 Desember 2015

SEORANG ANAK MEMPEKERJAKAN ORANG TUA, SALAHKAH DIA?

Desember 19, 2015 4 Comments
Wajah wanita berumur setengah abad itu nampak bertransformasi. Senyum mengembang menyingkirkan bias kelelahan yang tak bisa ditutupi ketika mendengar suara motor yang sudah akrab di telinga. Dengan segera, balita yang sudah wangi dan bersih itu berpindah ke tangan wanita muda yang masih berpakaian kerja.

Seakan tak menghiraukan lelah, wanita tua segera berberes-beres rumah dan seiisinya sembari memasak air untuk mandi. Cepat dan gesit. Tak berapa lama, wanita tua itu sudah nampak lebih segar setelah mandi. Beliau mendatangi wanita muda yang sedang menggendong balita. Diraihnya si balita sembari berujar, “Sana mandi dan makan, Al biar sama ibu”. Si wanita tua itu kembali bercengkerama riang dengan balita yang tak lain adalah cucunya.


Wanita muda, ibu dari balita yang juga merupakan anak dari si wanita tua itu lalu bergegas supaya bisa kembali bersama anaknya.

Kamis, 17 Desember 2015

PGN Anti Korupsi - Tambah Pelanggan Rumah Tangga Menjadi Fokus PGN Selanjutnya

Desember 17, 2015 0 Comments
Sumber gambar: beritadaerah.co.id
PGN Anti Korupsi - Belum lama ini Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyerahkan surat keputusan penugasan kepada PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk mengolah serta mengoperasikan jaringan gas rumah tangga di 11 kota/kabupaten. Hal tersebut tentu disambut hangat oleh PGN sebagai satu-satunya badan usaha yang bergerak dibidang penyaluran gas bumi di Indonesia.

Selasa, 15 Desember 2015

Griya Adem, Guest House Murah di Daerah Tembalang Semarang Pilihan Keluarga

Desember 15, 2015 1 Comments
Malam sudah kian larut. Dengan wajah kucel dan badan gerah, Sita menangis di pangkuan Fenny. Rupanya Sita sudah tidak tahan berlama-lama di mobil. Lebih-lebih udara sekitar pengap. Di tambah bau durian yang menyengat sebenarnya Fenny tidak tahan berlama-lama disitu. Fenny lalu mengajak suami untuk menyudahi kongkownya di warung langganan. Alih-alih menuju guest house murah di daerah semarang atas yang biasanya disinggahi, Fenny mengajak suami mencari guest house lain yang lebih longgar kamarnya.

Minggu, 13 Desember 2015

Terjepit di Bantal Guling Gatsu, Guest House Dekat Trans Studio Mall Bandung

Desember 13, 2015 3 Comments
“Stop pak, itu dia hotelnya”

Sopir taksi yang Fenny tumpangi mendadak nge-rem. Untung kondisi jalan tidak terlalu ramai. Kalau tidak bisa-bisa saling ciuman itu kendaraan para pengguna jalan. Salah Fenny juga seh mendadak memberitahukan letak guest house dekat stasiun Kiara Condong, Bandung yang dicari. Maklum lagi plesir ke Bandung jadi tidak hafal daerah Bandung. Jangankan hafal, ini juga baru dua kali menjejakkan kaki ke Bandung. Dulu pernah pas kuliah ke ITB dan Ciwalk, itu aja yang dikunjungi. Dan ini penginapan kedua yang Fenny pilih setelah sebelumnya terdampar di PaksomaHomestay.



Jumat, 11 Desember 2015

[ Blogtour, Review & Giveaway ] Buku 3 Emak Gaul Keliling 3 Kota

Desember 11, 2015 15 Comments
Halooooo semuanya, seseruan lagi yuuuuk !!! :) Ada giveaway lagi dari Miss Fenny. Giveaway kali ini masuk dalam rangkaian blogtour buku 3 Emak Galau Gaul Keliling 3 Kota. Sebelumnya sudah ada mbak Muna Sungkar yang mengawal blogtour pertama dan sekarang giliran Fenny. Nantinya juga akan ada blogtour yang digiring sama mbak Ika Koentjoro. Kami bertiga memang penulis buku 3 Emak  Galau Gaul Keliling 3 Kota. Mumpung ketiganya juga blogger jadi sepakat deh blogtour kami gawangi sendiri. Oke lanjuuuuttt...


Selasa, 08 Desember 2015

Rukamen, Situs Penyewaan Dan Penjualan Apartemen

Desember 08, 2015 12 Comments
Tidak seperti dulu dimana semua orang harus tnggal di rumah, kini anda juga bisa tinggal di apartemen. Apartemen ini sangat cocok ditnggali oleh anda yang memiliki mobilitas tinggi. Apartemen memang dirancang untuk anda yang memiliki kesibukan sangat tinggi, sehingga lokasi   yang   dipilih   tidak   jauh-jauh   dari   pusat   kota.   Namun,   tidak   semua   orang   bisa mendapatkan informasi yang tepat mengenai apartemen dan sedikit enggan untuk mencari hunian baru. Mengetahui hal tersebut, maka munculah Rukamen sebagai situs penyewaan dan penjualan apartemen yang akan sangat membantu anda dalam menemukan apartemens seperti yang anda idamkan. 

Minggu, 06 Desember 2015

Keramahan Pak Soma Homestay: Hotel Dekat Stasiun Kiara Condong, Bandung

Desember 06, 2015 6 Comments
Malam tepat di puncak kejayaannya ketika Fenny sampai di stasiun Kiara Condong Bandung. Stasiun yang menjadi tempat pemberhentian terakhir kereta Pasundan yang Fenny tumpangi mendadak riuh oleh penumpang yang turun. Sambil mengeratkan jaket dan mengetatkan pegangan ke Sita maupun dompet, Fenny merapat ke suami. Siapa lah yang tahu kebenaran preman pensiun ala kang Mus sudah menjamin keamanan tempat penuh peluang untuk pencopet dan kawan-kawan ini.



Jumat, 04 Desember 2015

Bedah Buku, Membedah Kemustahilan

Desember 04, 2015 8 Comments
Fenny berbinar-binar melihat teman, hmmmm … lebih tepatnya sesama anggota komunitas menulis yang mengunggah foto bedah bukunya di salah satu toko buku besar di Semarang. Sebagai penulis baru yang karyanya baru saja terbit, Fenny ada keinginan bedah buku juga. Dengan semangat sepanas uap kukusan bolu, Fenny japri beliau via inbox dan … TIDAK ADA JAWABAN HINGGA POSTINGAN INI TERBIT.


Rabu, 02 Desember 2015

Pengumuman Pemenang Giveaway Tebak Siapa Kamu

Desember 02, 2015 11 Comments
Jreeeeng dueeeeng ….
Ternyata udah tanggal 03 Desember 2015 ajah neh. Maaf ya telat dua hari dari janji yang sebelumnya tanggal 01 Desember 2015.


Inget khan kalau bulan kemarin Fenny mengadakan giveaway bertema Tebak Siapa Kamu. Tema yang tidajk jauh dari yang namanya IMPIAN. Ngomong-ngomong soal impian, Fenny termasuk orang yang punya banyak impian. Salah satunya keliling Indonesia. Tapi ya namanya keliling alias travelling itu khan butuh biaya. Apalagi kalau harus sepaket dengan suami yang susah mengijinkan istrinya ini berkeliaran sendirian plus minimal satu bocil. Teman-teman yang sering ketemu Fenny pasti sudah hafal kalau Fenny akkan bawa gendongan, hihi Butuh biaya berapa itu? *malah curhat

Hingga akhhirnya Fenny kenal dengan mbak Ida Nur Laila. Seorang teman blogger yang ternyata seorang pakar parenting dan rumah tangga. Bersama suaminya, beliau sering diundang untuk mengisi seminar. Tak tanggung-tanggung, belahan dunia lain pun pernah beliau berdua sambangi sebagai pemateri. Saat itulah Fenny ingin menjadi seperti beliau. Saat itu, Fenny ada ide membuat buku, di bikin BEST SELLER dan jadilah Fenny diundang kemana-mana, hahaha ngaco ya???

Kemampuan ternyata tidak bisa diajak kompromi. Pengetahuan parenting Fenny khan minim. Anak satu aja kadang volume suara meninggi bisa beberapa kali dalam sehari. Taubat sambel deh. Akhirnya yang ada setelah lahir anak kedua, Fenny malah jadi lebih sering ngeblog lagi. Hingga kemudian ada tawaran menulis tentang mbak Muri Handayani dan Sekolah Bisnis Onlinenya. Artikel itu bisa tembus halaman 1 google dengan kata kunci Muri Handayani. Iseng lah Fenny colek beliau untuk menunjukkan hasil itu. Siapa tahu ada tawaran job nulis lagi. Eh, ternyata Fenny malah diminta jadi pemateri. Alhamdulillah …

Dari situlah Fenny mendapat pencerahan untuk meraih jalan-jalan sambil jadi pemateri. Jadi trainer ngeblog. Asyiiiik… akhirnya Fenny bisa menemukan jati diri. Tidak sekedar ikut-ikutan namun memang punya bekal. Jadi INSYA ALLAH apa yang disampaikan tidak menyesatkan. Aamiin …

Oleh karena itu Fenny jadi ingin mengajak teman-teman menemukan jati diri. Ayo tebak siapa kamu dan maksimalkan. Melalui giveaway Tebak Siapa Kamu, ada sekitar 30 peserta yang berbagi tentang impian untuk dikenal sebagai apa tahun depan.

Berhubung hanya 3 hadiah yang tersedia, Fenny memilih 3 orang yang impiannya bisa meluluhkan hati Fenny untuk ikut semangat mengamini. Dan ternyata … akhirnya malah ada 4 orang yang berhasil. Okelah hadiahnya Fenny tambah saja.

Dan pemenangnya adalah …
  • Intan Novriza Kamala Sari, berhak mendapatkan Voucher Kelas Online Poles Blog senilai Rp200.000,-

Impian blogger  yang masih remaja ini detail banget. Mulai dari penyiar radio sampai pembawa kebaikan, hahha apa ini??? Suka banget sama semangatnya. Sukses ya, girl.
  • Hairi Yanti, berhak mendapatkan 1 eksemplar buku Bolu Kukus Karakter

Duh, beliau nyentil Fenny banget deh. Jadi inget ide naskah buku yang teronggok belum tersentuh lagi. Fenny ikut mengamini kenceng impian beliau menjadi penulis buku anak yang produktif supaya bisa menghasilkan karya yang bisa mendidik anak-anak, termasuk anak-anak Fenny. Maklum ibunya rada slebor jadi perlu bantuan supaya anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan kreatif.
  • Dessy Natalia dan Tarry Kittiholic, masing-masing berhak mendapatkan voucher poles blog senilai Rp200.000,-

Perjuangan beliau berdua untuk menampik stigma negative masyarakat tentang single mom dan mantan TKW patut didukung. Memang ya mulut orang itu seringkali PEDAS. Enaknya balik dipedesin dengan keberhasilan kita. Setuju???

Pemenang harap menghubungi Fenny via SMS/WA ke nomer 0838 6760 8070 ya untuk konfirmasi dan koordinasi hadiah. Semoga giveaway ini bisa menginspirasi. Salam blogger.

Senin, 30 November 2015

Cara Menambahkan Fans Page Facebook di Blog

November 30, 2015 9 Comments
Suatu hari Fenny pernah mengirimkan pesan ke salah seorang teman yang juga sering berbagi tutorial blogging. Pasalnya, Fenny ingin menambahkan fans page di blog. Fenny sudah mengikuti cara membuat fanspage facebook di blog sesuai petunjuk di halaman resmi facebook. Namun yang ada malah hanya muncul teks nama fanspage saja. Grrrrrhhhhh....


Kamis, 26 November 2015

Kejutan Hotel Murah di Salatiga Dekat Terminal Tingkir

November 26, 2015 16 Comments
Menempuh perjalanan pulang pergi sejauh 225 km bagi Fenny sudah hal yang biasa. Resiko memutuskan pindah ke Klaten sementara klien banyak yang berasal di Semarang, otomatis mau tidak mau Fenny sering pergi pagi pulang malam menempuh jarak Klaten-Semarang. Terbayang dong capeknya. Apalagi jika membawa paket duo bocil. Tidak hanya capek badan, kadang bikin ngelus dada juga tingkah polahnya selama menemani Fenny bekerja.


Semenjak ada jalan lingkar Salatiga, suami sering memilih jalur lingkar ketimbang jalur kota. Meski Fenny tidak merasa perbedaan jarak tempuh yang signifikan antara dua jalur itu tapi memang lalu lintasnya lebih lancar. Dan tidak seperti biasanya, kemarin suami tiba-tiba putar balik ketika sudah hampir keluar jalur lingkar Salatiga. Kurang lebih 200 meter dari terminal Tingkir. Rupanya suami menuju sebuah hotel yang berada di ruas jalan menuju Semarang. Hotel Lavande namanya. Suami yang kebetulan sebelumnya sudah beraktivitas padat ternyata sudah tidak kuat menahan kantuk.

Ketika memasuki kamar, W.O.W …

Senin, 23 November 2015

ASUS Zenfone 2 Laser: Penulis kok Buram?

November 23, 2015 1 Comments
“Ketika teknologi telah melekat di kehidupanmu, seberapa besar ia membantumu?” – Fenny Ferawati –
Email itu berisi sebuah pesan singkat saja. Namun dengan membacanya cukup membuat Fenny sejenak mengecil karena membayangkan konsekuensinya. Email dari editor buku. Editor buku travelling perdana Fenny.

“Dear Fenny, kualitas foto tidak memenuhi standar. Semua buram. Minimal resolusinya 1200 x 800 pixel. Mohon dikirimkan ulang ya”

Jika saja ada alat yang mengubah kualitas dan ukuran gambar yang Fenny punya menjadi seperti yang diinginkan editor, tentu Fenny tak ambil pusing. Sayangnya kantong Doraemon yang ajaib yang bisa mengeluarkan alat-alat ajaib itu hanya khayalan. Mau tak mau, Fenny harus mengulang jejalah museum di Solo seharian penuh. Dengan kandungan yang makin berusia tua, terbayang dong betapa payahnya Fenny saat itu.

Tak disangka kamera smartphone suami bisa menghasilkan gambar yang sesuai permintaan editor. Bahkan kualitas gambarnya jernih meski kondisi low light. Maklum kalau di museum terkadang pencahayaanya tidak memadai. Bahkan di museum batik sengaja diberi pencahayaan minimalis karena cahaya terang bisa merusak batik. Setelah penemuan itu, Fenny jadi sering “ngrusuhi” smartphone suami. Walhasil phone storage smartphone suami jadi penuh dokumentasi kegiatan Fenny. Belum lagi aktivitas suami bersmartphone ria jadi terganggu. Tammbah manyun deh suami. Asyiik, bisa jadi ide pengajuan anggaran smartphone baru neh.

Sayangnya smartphone dengan spesifikasi sama dengan milik suami tidak lagi dijual versi barunya. Duh, patah hati deh. Karena kebutuhan smartphone dengan spesifikasi kamera yang menghasilkan kualitas gambar yang tidak buram makin mendesak, mulai lah Fenny melakukan pencarian.

Salah seorang teman blogger memamerkan hasil foto selfienya dengan Asus Zenfone 2 Laser sepulang dari acara Asus Zenfestival berhasil memikat Fenny. Spontan Fenny mengajukan Asus Zenfone 2 Laser untuk incaran baru. Bukan suami Fenny namanya kalau langsung ACC. Oke deh kita ngulik lebih detail si smartphone desain premium dengan harga mainstream ini.

Kriteria pertama yang dikulik suami adalah spesifikasi smartphone. Ketika Fenny dengan girang mengutarakan kamera Asus Zenfone 2 Laser 13 MP, suami langsung mematahkan dengan statement, “Percuma megapixelnya besar kalau tidak ada auto focus. Gambarnya tetap buram”. 

Duh, suami kayaknya perlu langsung diajak unboxing deh. Asus Zenfone 2 Laser khan sudah menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP dengan lensa f/2.0 aperture yang mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096pixel. Dengan dukungan zero shutter lag, tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat.


Yang paling wajib ada neh menurut suami, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus. Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, kamera dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya. Nah, pas banget khan dengan aktivitas Fenny yang sebagian besar di dalam ruangan saat menghadiri undangan sebagai blogger maupun pembicara.

Puas nunjukin keunggulan smartphone desain premium harga mainstream ini, suami menunjukkan tanda-tanda positif. Fenny sudah harap-harap cemas menunggu keputusan suami. Dan akhirnya …

“Oke deh beli. Nanti ASUS Zenfone 2 Laser-nya aku pakai, kamu pakai ini aja.” 

Fenny melongo mendengarnya. “Tuhaaaaan, beri aku Asus Zenfone 2 Laser!!!”.

Sabtu, 21 November 2015

Jangan Bingung di Vee Hotel, Yogyakarta

November 21, 2015 3 Comments
Malam sudah larut ketika Fenny sampai di hotel di Jogja dekat UGM ini. Suasana café yang ramai dengan anak-anak muda yang nongkrong menghabiskan malam tak sanggup membuat Fenny mengajak nongkrong suami terlebih dahulu. Privat 12 jam nonstop belajar Instagram Marketing di Wisma MMUGM,  hotel di Jogja dekat kampus UGM itu membuat tenaga Fenny terkuras habis-habisan. Lebih-lebih sambil menggendong Sita, 11m. 

Ketika memasuki kamar tiba-tiba Fenny tercengang. Kondisi kamar yang cukup jadul membuat Fenny agak geli. Setelah meletakkan Sita yang tertidur, Fenny malah asyik mengamati interior kamar. Saat meletakkan tas di meja, Fenny mendapati meja berlapis kaca itu sudah bergerigi di bagian tepi. Lucunya lagi, terselip jadwal ujian mahasiswa UGM beberapa bulan silam. Sepertinya ada mahasiswa yang perlu suasana baru menjelang ujian hingga mengungsi ke hotel. Diatas meja ada televisi model tabung yang disangga besi yang sebenarnya sudah masuk kategori barang rongsokan. 


Bergeser ke ventilasi pintu, sawang alias kotoran debu bertengger manis menutupi kawat kassa nyamuk. Dengan bercak cipratan cat di beberapa tempat, lengkap sudah penderitaan ventilasi itu. Ketika Fenny rebahan, nampak sambungan kabel di lampu neon bulat yang telanjang terurai kemana-mana.



Jumat, 20 November 2015

Giveaway: Tebak Siapa Kamu?

November 20, 2015 34 Comments
"Mbak Fenny, mau dong tahu resepnya biar seperti mbak Fenny"

Chit chat dengan salah satu teman facebook Fenny sempat membuat waktu terhenti sejenak. Fenny jadi berfikir, Fenny seperti apa yang ada dalam fikiran teman itu? Daripada tebak-tebak manggis, Fenny melemparkan pertanyaan balik.

"Fenny yang seperti apa mbak?"

Selasa, 17 November 2015

Guest House Simply Homy, Enaknya Rame-Rame

November 17, 2015 4 Comments
Kebayang nggak seh ketika nginep rombongan, entah itu sama teman, saudara atau keluarga eh tahu-tahu dapat kamar terpisah satu sama lain yang tidak berdekatan? Dijamin repot. Ada pengalaman Fenny sekeluarga ketika menginap di hotel saat wisuda adik di Purwokerto. Fenny, suami dan Sita dapat kamar di ujung sayap kanan sedangkan Bapak, Ibu dan Al di ujung sayap kiri. Kasihan Bapak, Ibu dan Al ketika butuh bantuan Fenny atau suami. Harus jalan cukup jauh atau telfon-telfonan.


Minggu, 15 November 2015

Oleh-Oleh Khas Korea dari Sahabat Maya

November 15, 2015 2 Comments
Satu sachet masker wajah dan guci mungil untuk minum arak teh terulur setelah Fenny selesai meletakkan bawaan di kursi. Fenny menatap wajah teman yang mengulurkan kedua benda bertuliskan huruf Korea itu.

“Inih, katanya mau oleh-oleh dari Korea?”, selidiknya genit sambil senyum-senyum, “Tar aku berubah pikiran lho kalau ga diambil-ambil”.

Jumat, 13 November 2015

Cara Membuat Menu di Blogspot Berdasarkan Kategori

November 13, 2015 8 Comments
Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang rekan blogger yang bertanya cara membuat menu horizontal di blogspot. Berhubung saat itu ada laptop dengan koneksi internet, langsung saja Fenny ajari langkah-langkahnya. Mulai dari cara menambah dan mengelola menu horizontal di bawah header blogspot berdasarkan link, page maupun kategori. Cara membuat menu di blogspot dengan link maupun page sudah pernah bahas tutorialnya.




Kamis, 12 November 2015

KETIKA SURAT PERINGATAN DATANG

November 12, 2015 1 Comments
Surat peringatan seringkali ditemukan dalam dunia kerja. Biasanya surat ini dilayangkan oleh atasan untuk karyawan yang melakukan pelanggaran. Toleransinya pun beragam. Ada yang sekali diberi surat peringatan dan pelanggaran kedua langsung tindakan. Ada yang sampai berkali-kali. Namun sepanjang yang Fenny pernah dengar maksimal 3 kali surat peringatan. 

sumber gambar disini

Rabu, 11 November 2015

Cara Membuat Blog Blogspot Gratis

November 11, 2015 2 Comments
Jaman sudah memasuki tahun 2015 dimana perkembangan internet kini sudah merambah bayi baru lahir. Tandanya adalah banyaknya bayi-bayi baru lahir yang muncul di internet *hihi ... abaikan analogi sedikit ngawur ini*. Ini hanyalah untuk menekankan bahwa koneksi internet sekarang begitu mudah dicapai dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Namun pertanyaan bagaimana cara membuat blogspot masih menjadi pertanyaan yang populer.




Senin, 09 November 2015

Happy November Rain: Titik Balik

November 09, 2015 23 Comments
Duh, ceileee…. judulnya sok Inggris. Ini gegara Keina Tralala yang mengajak bahas tentang kegembiraan di bulan hujan ini. Jika tidak, belum tentu judul keinggris-inggrisan nampang teduh manis. Pas banget memang ada banyak kegembiraan yang datang bersamaan dengan hujan pertama di bulan November yang layak dibahas. 

Minggu, 08 November 2015

Dinasty Smart Hotel Solo, Kecil Sih Tapi …

November 08, 2015 25 Comments
“Ibu, lihat ada kolam renang”
Suara riang Al terdengar ketika Fenny sedang menutup pintu kamar. Rupanya Al sudah lebih dulu menjelajahi hotel tempat kami menginap. Ketika Fenny mendekati Al dan melihat ke arah bawah dari lantai dua letak kamar kami berada, terlihat sebuah kolam renang ukuran keluarga dengan gemericik air dari pancuran mulut patung lion. Sontak saja Al langsung menarik-narik saya untuk turun. Saya jadi ingat beberapa waktu yang lalu menjanjikan Al untuk berenang. Tak disangka bisa terwujud di hotel yang sepintas terlihat kecil ini. Bisa jadi rekomendasi hotel di Solo yang ada kolam renang neh.


Sabtu, 07 November 2015

Belajar Totalitas dari Seorang Komika

November 07, 2015 2 Comments
Suara tawa memenuhi ballroom berisi lebih dari 1000 orang. Semakin riuh tawa terdengar, penghuni panggung tunggal itu semakin semangat bermonolog. Joke demi joke dilempar untuk menghibur penonton. Tema segala sesuatu yang kekinian di dunia internet menjadi bahan monolognya. Dengan wajah yang tampan dan penampilan necis, laki-laki yang sedang ber-stand up comedy itu nampak sempurna. Apalagi kata Hazmi Srondol, kegeniusan seseorang terlihat dari candaannya. Semakin cadas candaannya, semakin genius. Lalu, benarkan komika yang ganteng itu juga genius?


Kamis, 05 November 2015

Adalia Homestay, Serasa Kembali Pulang ke Rumah

November 05, 2015 1 Comments
sumber gambar: doc Adalia Homestay
Gerbang nampak tidak terkunci. Suara besi roda beradu ketika Fenny mendorong gerbang nampaknya memanggil bu Muli untuk datang menghampiri.

“Sinih aku bantu buka, pasti kamu capek”, ujar bu Muli sembari mengambil alih untuk mendorong pintu gerbang. Fenny lalu bergeser masuk ke halaman. Ketika suami sedang memarkirkan mobil di parkiran yang luas, bu Muli menggandeng Fenny ke sudut rumah. 

Selasa, 03 November 2015

Jumat, 30 Oktober 2015

Reportase Tokopedia Roadshow Solo 2015: Sudahkah Membantu Orang Lain dalam Berbisnis?

Oktober 30, 2015 18 Comments
Mengulang kesuksesan roadshow yang diadakan tahun lalu, Tokopedia Roadshow Solo 2015 adalah kota kedua setelah Jakarta yang diselenggarakan tahun ini. Jujur, Fenny tertarik datang karena serunya reportase Tokopedia Roadshow Jakarta 2015 yang diunggah teman di jejaring sosial. Begitu ada informasi Tokopedia Roadshow Solo 2015 dibuka, Fenny langsung mendaftarkan diri sebagai blogger meski Fenny juga memiliki akun di Tokopedia sebagai penjual dengan alamat akun tokopedia.com/GaleriUnikLucu *promosi :D

Sesampainya Fenny di lokasi pada hari H, booth foto sudah menyambut. Sudah dipastikan booth ramai dan didominasi anak-anak muda. Berhubung Fenny masih memiliki jiwa muda jadi ikut foto, hihi



Rabu, 28 Oktober 2015

Jogja Digital Valley, Tempat Nongkrong & Meeting Asyik Berbasis IT di Yogyakarta

Oktober 28, 2015 4 Comments
Fenny menunduk sambil nyengir kecut ketika Sita, 9m, menangis. Jika biasanya Fenny bisa langsung menyodorkan ASI ke Sita, lain halnya dengan saat itu. Berada di tengah kumpulan orang dominasi pria muda high tech sempat membuat Fenny sungkan. Apalagi terasa benar banyak pandangan penuh tanda tanya tertuju pada Fenny. Mungkin dalam hati mereka bertanya, "Ini kenapa ada emak-emak nyasar disini?".


Kamis, 22 Oktober 2015

Daftar Sekarang, Tokopedia Roadshow Solo 2015: Ciptakan Peluangmu

Oktober 22, 2015 2 Comments

Saat melihat postingan teman yang menyambangi kantor TOKOPEDIA yang ijo banget dan mupeng-able untuk menarik orang kerja disana dan juga reportase teman yang mengikuti Tokopedia Roadshow Jakarta 2015 membuat Fenny menantikan kehadirannya di kota terdekat domisili Fenny. Berharap Tokopedia menyambangi Klaten seh terlalu tinggi jadi kalau hadir di Solo atau Jogja, hayuk lah mari dihadiri.

Senin, 12 Oktober 2015

Cara Menambah dan Mengelola Menu di Bawah Header Blogspot

Oktober 12, 2015 2 Comments
Menu dalam sebuah blog ibarat daftar isi yang menggambarkan isi blog. Namun kadang juga bisa menjadi penunjuk arah atau tombol menuju tujuan link yang ingin dikunjungi. Kali ini Fenny ingin berbagi tutorial cara menambah dan mengelola menu dibawah header blogspot. Contohnya dalam kasus ini seperti yang ditunjukkan gambar 1 dibawah ini:

Gambar 1. belum ada menu blog dibawah header blogspot

Sabtu, 10 Oktober 2015

Jumat, 09 Oktober 2015

Cerita di Balik Blog: Jungkir Balik Pemula Menciptakan Peluang

Oktober 09, 2015 6 Comments

Warnet Sampangan tahun 2009

Seorang gadis seumuran anak kuliahan tengah garuk-garuk kepala sambil meringis. Entah berapa kali itu tombol DELETE atau BACKSPACE di pencet. Posisi kepala miring ke kanan ke kiri sambil merapal teks yang tertera di layar komputer. Dua jam berlalu, akhirnya tombol PUBLISH mendapat giliran. Sebuah blog dengan postingan ala pemula RESMI ditayangkan. Hasilnya? Ini diaaa ...


Senin, 21 September 2015

Beda Custom Domain, Domain Forwarding dan URL Masking

September 21, 2015 4 Comments
"Mbak, blogku sudah jadi .com tapi koq jadi begini ya, kalau mau share artikel cuma muncul url xxx.com aja"
Curhatan salah seorang klien desain blog itu membuat Fenny penasaran. Setelah Fenny buka blognya dan di analisis *tsah* akhirnya ketemu permasalahannya. Domain yang terpasang di blogspot itu ternyata hanya di URL Masking, bukan di Custom Domain sesuai keinginan klien Fenny. Langsung saja Fenny tawarin transfer domain ke jasa penyedia domain yang terpecaya sekaligus setting ulang. Klien pun mengiyakan dan terjadilah transfer domain berikut custom domainnya. Kini domain blog itu sudah berfungsi seperti keinginan klien. Selain URL Masking dan custom domain, ada juga domain forwarding.

sumber gambar www.aqusagtechnologies.com
Lalu, apa beda Beda Custom Domain, Domain Forwarding dan URL Masking?

Senin, 14 September 2015

What Movie are You: Belajar Tentang Kehidupan Dari Seorang Agen Rahasia

September 14, 2015 16 Comments
Dua anak muda berdiri berpandangan. Keduanya lalu kembali memandangi sederet poster yang tertempel di dinding. Deretan poster ini bertuliskan banyak artis bintang papan atas hingga abal-abal. Mulai dari produksi dalam hingga luar negeri ada. Dari yang bertema cinta-cintaan hingga horor pun ada. Si gadis lalu nyengir melihat si pemuda yang garuk-garuk kepala.

"Kita belum lihat yang mana ya?", tanya si pemuda. Si gadis lalu menunjuk sebuah poster bergambar wanita cantik berbibir seksi. SALT. Demikian tulisan yang menonjol di poster. Si pemuda mengangguk antusias lalu menarik si gadis menuju loket.


Jumat, 10 April 2015

Cara Mengambil Screenshoot Gambar dari Layar Monitor Laptop atau Komputer

April 10, 2015 0 Comments
Terkadang kita ingin menunjukkan sesuatu atau memberikan tutorial langkah-langkah atau cara yang berhubungan dengan komputer dan internet. Misalkan tutorial untuk log out dari halaman facebook.

Jika hanya diuraikan dengan kalimat, seringkali orang tidak mengetahui dimana letak tombol/icon yang dimaksud. Dengan adanya gambar, penjelasan akan lebih mudah dimengerti dan dipahami. Berikut cara mengambil gambar dari layar monitor laptop atau komputer:

Langkah pertama, tampilkan gambar yang akan dijadikan panduan di layar monitor laptop atau komputer seperti dibawah ini.

Pencet tombol Print Screen/Prt Sc Sysrq atau ALT + Print Screen pada keyboard laptop atau computer.

Jika ingin menambahkan ke dalam file Microsoft Word, cukup tempatkan kursor di halaman yang diinginkan lalu klik kanan PASTE atau memencet tombol CTRL + V bersamaan.

Jika ingin mendapatkan gambar untuk di upload, maka bisa menggunakan Corel Draw, Photoshop atau Paint. Cukup buka halaman baru dan lalu klik kanan PASTE atau memencet tombol CTRL + V bersamaan.

Jika menggunakan Corel Draw, setelah diedit seperlunya atau tanpa diedit, pilih File -- EXPORT seperti gambar berikut.

Beri nama file lalu klik OK.

Jika ingin ukuran gambar lebih kecil dapat diubah dengan mengganti persen gambar seperti dibawah ini.

Demikian tutorial cara mengambil gambar dari layar monitor laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.

Follow Us @soratemplates