Senin, 14 September 2015

What Movie are You: Belajar Tentang Kehidupan Dari Seorang Agen Rahasia

Dua anak muda berdiri berpandangan. Keduanya lalu kembali memandangi sederet poster yang tertempel di dinding. Deretan poster ini bertuliskan banyak artis bintang papan atas hingga abal-abal. Mulai dari produksi dalam hingga luar negeri ada. Dari yang bertema cinta-cintaan hingga horor pun ada. Si gadis lalu nyengir melihat si pemuda yang garuk-garuk kepala.

"Kita belum lihat yang mana ya?", tanya si pemuda. Si gadis lalu menunjuk sebuah poster bergambar wanita cantik berbibir seksi. SALT. Demikian tulisan yang menonjol di poster. Si pemuda mengangguk antusias lalu menarik si gadis menuju loket.


Selang dua tahun kemudian, si gadis yang sudah berubah menjadi seorang ibu kembali melihat SALT. Namun kali ini si gadis menonton lewat layar kaca televisi. Sama seperti ketika menonton di bioskop beberapa waktu yang lalu. Ia belum juga memahami secara utuh film itu. Barulah ketika ia membaca review film SALT itu disini, sebuah pemahaman diperolehnya. Penemuan ini membuatnya menjadikan SALT sebagai film favoritnya hingga kini.

Si gadis, yang tak lain adalah Fenny sendiri, sebenarnya bukan maniak film. Si pemuda yang dulunya adalah teman dekat lah yang membawanya menjadi pengunjung setia bioskop kala itu. Kini setelah menikah dengan seorang laki-laki yang tidak suka nonton film bioskop, praktis tidak ada lagi acara hangout ke bioskop. Namun Fenny bersyukur, setidaknya Fenny pernah mencicipi udara bioskop.

Kembali ke film favorit pilihan Fenny, film yang di produksi oleh Columbia Pictures ini memang mengagumkan. Pemilihan aktris dan aktor yang pas beserta alur erita yang sulit di tebak benar-benar membuat Fenny menikmati setiap detik penayangannya. Film yang bertema action ini mengambil sisi kehidupan seorang agen CIA. Sudah pasti bisa di tebak kehidupan seorang agen rahasia pastilah menegangkan dan penuh kejutan. Namun dari film favorit ini Fenny bisa mengambil pesan-pesan kehidupan yang berlaku universal. Pesan yang membuat Fenny belajar tentang kehidupan dari seorang agen rahasia. Apakah itu?
  • Bahwa hidup selalu dipenuhi kejutan. 
Tak terbayangkan ketika Salt melihat suaminya dibunuh didepan mata. Meski dalam kehidupan tidak perlu dibayangkan se-ekstrim itu namun itu pesan bahwa memang sesungguhnya dalam perjalanan hidup selalu ada kejutan yang siap menghadang. Entah dalam bentuk hal suka dan duka. Mendapati kejutan yang menyenangkan seh mudah-mudah saja tapi bagaimana menghadapi kejutan yang membuat hati teraduk-aduk? Seperti firman Allah dalam Qs. Al-Ankabut : 2-3 akan lebih membantu kita lebih mantap menghadapi "kejutan" itu.
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta."
  • Waspadalah dengan orang bermuka dua.
Rekan kerja yang mengkhianati Salt ketika menjalankan aksinya sebagai agen rahasia menjadi pelajaran bahwa tidak selalu orang yang nampak "aman" bagi kita tidak akan mendatangkan masalah. Bukan bermaksud untuk berfikir su'udzon namun tetap waspada dengan tidak terlalu menyukai atau membenci seseorang itu lebih baik seperti firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah : 216,
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”
  • Selalu ada bantuan dari setiap kesulitan.
Nasib Salt sudah diujung tanduk ketika tertangkap oleh agen rahasia akibat aksinya yang hendak membunuh presiden Amerika. Namun temannya sesama agen CIA yang mengetahui latar belakang Salt melakukan pengkhianatan itu iba melihat rekannya. Salt lalu dibebaskan. Ini menjadi penghibur dikala sedang kesulitan maka akan ada bantuan yang terkadang datang dari orang yang tak terduga karena sesuai firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah : 286,
"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”
Sungguh menyenangkan bisa mengambil inspirasi melalui media yang menghibur seperti film. Menariknya lagi, karakter seseorang juga bisa dilihat dari genre film kesukaannya. Bahasa kerennya, "What Movie are You?". Kalau kamu, apa film kesukaanmu?




16 komentar:

  1. Wow, peserta pertama nih :)

    Saya juga suka SALT *piye iki harus cari film lain heheheh

    BalasHapus
  2. Cepet banget Mba Feny, aku baru mikir ngerivew film apa coba. Secara dah lama nggak nonton film. Nonton di televisi juga gak pernah tuntas, qeqeqe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini malah film dari jaman dahulu kala mbak :D

      Hapus
  3. wah..cepet banget mba..baru mikir film apa ya? lama ga nonton film. paling sering nonton film kartun bareng anak2 :D
    smg sukses mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIHII film kartun anak-anak khan juga oke mbak diulas

      Hapus
  4. Kpn ya terakhir nonton fim...? Nontonpun cuma ditv....itu juga jarang selesai, keburu ngantuk.....aduh, emak2 bgt deh diriku....

    BalasHapus
  5. Saya dulu termasuk suka semua film yang dibintangi Angelina Jolie :)

    Semoga sukses GA-nya, ya, Mbak Fenny ...

    Salam santun dari Yogyakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. Hee.... ikut kebawa suasana movienya, mak
    Tpi ga tau itu filmnya sma skali, mak... :(

    BalasHapus
  7. Hee.... ikut kebawa suasana movienya, mak
    Tpi ga tau itu filmnya sma skali, mak... :(

    BalasHapus
  8. Baru dengar judul film ini *ke mana aja, hahahaa
    Bookmark ah. makasih mb Fenny

    BalasHapus
  9. Keren bener deh ini film...
    Bahkan saya sampe nonton berulang-ulang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuuu, tegang dari awal mpe akhir ya mbak

      Hapus
  10. aku nonton salt di bioskop, kalo nonton action sukanya di bioskop, itu pas suaminya dibunuh aku juga kaget mbak fenny, kasian banget. btw makasih ya sudah berpartisipasi

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)