Senin, 12 Oktober 2015

Cara Menambah dan Mengelola Menu di Bawah Header Blogspot

Menu dalam sebuah blog ibarat daftar isi yang menggambarkan isi blog. Namun kadang juga bisa menjadi penunjuk arah atau tombol menuju tujuan link yang ingin dikunjungi. Kali ini Fenny ingin berbagi tutorial cara menambah dan mengelola menu dibawah header blogspot. Contohnya dalam kasus ini seperti yang ditunjukkan gambar 1 dibawah ini:

Gambar 1. belum ada menu blog dibawah header blogspot

Untuk menambahkan menu dibawah header blogspot, Fenny menggunakan widget bawaan blogspot sehingga tanpa perlu ketrampilan coding. Untuk cara menambah menu dibawah header blogspot bisa diikuti langkah berikut:

1. Masuk ke halaman dashboard blog, klik Layout maka akan muncul tampilan seperti berikut:


Klik Add a Widget yang ada di bawah kolom Cross Colomn.


Cari widget Pages lalu klik tombol + yang ada di sebelah kanan nama widget.


Isi Page title dengan nama menu yang akan di tampilkan di menu blog dan  isi Web Adress (URL) dengan link tujuan. Contohnya bisa dilihat dalam gambar dibawah ini.


Klik Save jika sudah mengisi kolom dengan data yang sesuai.

Cara diatas digunakan ketika akan menambahkan menu yang mengarahkan ke link tertentu, misalnya link menuju blog lain. Menu blog juga bisa ditambahkan dari PAGES/LAMAN yang sudah ada. Jika ingin memunculkan laman, cukup klik Edit pada widget PAGES lalu klik kolom kecil yang ada di sebelah judul pages seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk klik Save.


Terakhir jangan lupa klik Save Arrangement yang ada di pojok kanan atas tampilan dashboard Layout.


Berikut Fenny tampilkan hasil akhir tutorial cara menambah dan mengelola menu dibawah header blogspot. Ada yang memanfaatkan page (Tentang Miss Fenny), menu berdasarkan label (Opini/Giveaway/Tutorial) dan juga menu yang menuju link ke blog lain (Blog Ibu).


Kelebihan cara menambahkan dan mengelola menu di bawah header blogspot dengan widget Pages adalah langkah-langkah yang mudah tanpa perlu pemahaman coding. Namun kekurangannya, cara ini tidak bisa digunakan untuk membuat menu dibawah header blogspot dalam bentuk drop down atau sub menu. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Aaaas inii pas bgt, aku lg nyari tutorial bikin nemu dan ini yg plg simpel kisss kiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih dah mampir Nita :) asyiiiik ....

      Hapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)