Jumat, 09 Oktober 2015

Cerita di Balik Blog: Jungkir Balik Pemula Menciptakan Peluang


Warnet Sampangan tahun 2009

Seorang gadis seumuran anak kuliahan tengah garuk-garuk kepala sambil meringis. Entah berapa kali itu tombol DELETE atau BACKSPACE di pencet. Posisi kepala miring ke kanan ke kiri sambil merapal teks yang tertera di layar komputer. Dua jam berlalu, akhirnya tombol PUBLISH mendapat giliran. Sebuah blog dengan postingan ala pemula RESMI ditayangkan. Hasilnya? Ini diaaa ...



Kini selang 6 tahun sejak peristiwa itu, Fenny masih sering terkekeh kalau bernostalgia dengan blog yang dominan warna kesayangan itu. Bahasa yang digunakan sangat resmi. Tak jauh beda dengan kiblat Fenny ketika memulai terjun di internet marketing melalui blog. Bermalam-malam nebeng di bilik warnet teman, googling tutorial yang lebih banyak gagal dibanding berhasil, sok kenal sok dekat dengan pakar internet marketing melalui komen, chat atau email demi sebuah perhatian, eh ... demi peluang untuk belajar mendapatkan uang dari internet. Tak muluk-muluk, cukuplah uang untuk menyambung hidup dan uang kuliah.

Berhasilkah saat itu? TIDAK !!!

Perjuangan berkutat dengan blog tidak membuahkan hasil sampai akhirnya Fenny menyerah. Justru penghasilan dari internet pertama Fenny diperoleh dari hasil memasang iklan baris. Blog perdana bertajuk Formula Marketing Online lalu teronggok hingga kini.

Perkenalan dengan sebuah komunitas berbasis menulis pada tahun 2012 membuat Fenny kembali tertarik untuk ngeblog. Debut pertama memenangkan lomba menulis. Hadiahnya setumpuk buku, mug dan mercandise lucu lainnya. Selang dua tahun, Fenny memenangkan sebuah smartphone dengan bandrol jutaan. Girang bangeeet. Apalagi saat itu Fenny menuliskan artikel yang diikutkan lomba lewat hp, posting di warnet setelah berjuang merayu suami untuk bantu jaga anak satu dua jam plus pulang dari warnet kehujanan.

Sejak saat itu, beberapa tawaran job review mulai Fenny terima. Mulai dari produk gratis sampai fee yang dibayar dengan $. Tapi namanya orang yang kebanyakan impian, hasil yang diperoleh belum lah cukup untuk mewujudkan impian Fenny. Masih perlu usaha lebih untuk mendapatkan penghasilan utama dari blogging.

Pernah Fenny mencoba menjadi publisher tapi ternayata membuat Fenny sakit di ujung ubun-ubun. Prosedur yang tidak transparan dan komisi yang harus dirayu-rayu baru datang itu membuat Fenny gerah. Rasanya tidak sesuai dengan usaha Fenny mendatangkan traffic dengan blogwalking yang seringkali kelamaan menghadapi capcay. Tidak butuh waktu lama bagi Fenny untuk "putus" menjadi publisher yang bermodalkan pasang iklan di blog.

Di sela-sela waktu luang menekuni dunia blog yang penuh warna suka duka, Fenny memiliki inisiatif untuk membuka akun Tokopedia. Tanpa modal karena buka akunya gratis dan Fenny mengambil barang dari teman yang bisa dibayar belakangan. Selang dua hari langsung ada yang order, yihuiiii... 


Kenapa memilih Tokopedia?

Bagi orang yang perfeksionis macan Fenny, tampilan dagangan harus oke dong. Dan menurut Fenny tampilan di Tokopedia itu KECE abis dengan dominasi warna ijonya. Penataan etalasenya juga mudah, bisa di sesuaikan dengan kategori produk sehingga dagangan tidak campur aduk jadi satu.

Selama tidak mencoba, kita tidak akan tahu apa yang akan kita dapatkan. Ciptakan peluangmu.

Blogpost ini diikutsertakan dalam "Giveaway Cerita di Balik Blog"

6 komentar:

  1. Hihi taun 2009 itu emang lagi masanya blogger warnet berjaya yaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhuahaha iya, blogger warnet kampus tepatnya :p

      Hapus
  2. Makasih ya Fen sudah ikutan GAku... keep happy blogging :)

    BalasHapus
  3. 2009 sudah ngeblog tapi masih nebeng wifi di kampus hihihi

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)