Jumat, 30 Oktober 2015

Reportase Tokopedia Roadshow Solo 2015: Sudahkah Membantu Orang Lain dalam Berbisnis?

Mengulang kesuksesan roadshow yang diadakan tahun lalu, Tokopedia Roadshow Solo 2015 adalah kota kedua setelah Jakarta yang diselenggarakan tahun ini. Jujur, Fenny tertarik datang karena serunya reportase Tokopedia Roadshow Jakarta 2015 yang diunggah teman di jejaring sosial. Begitu ada informasi Tokopedia Roadshow Solo 2015 dibuka, Fenny langsung mendaftarkan diri sebagai blogger meski Fenny juga memiliki akun di Tokopedia sebagai penjual dengan alamat akun tokopedia.com/GaleriUnikLucu *promosi :D

Sesampainya Fenny di lokasi pada hari H, booth foto sudah menyambut. Sudah dipastikan booth ramai dan didominasi anak-anak muda. Berhubung Fenny masih memiliki jiwa muda jadi ikut foto, hihi



Pada email konfirmasi sudah diberitahukan bahwa untuk peserta yang terdaftar sebagai blogger nantinya akan ada meja reservasi khusus. Udah keGRan aja akan mendapatkan goodie bag spesial yang berbeda dengan peserta lainnya. Dan ternyata .... hanya ada tambahan selembar press release *lalu nyengir


Kemewahan begitu terasa ketika pintu ballroom Borobudur Novotel Solo terbuka. Tiga layar besar menghiasi panggung dengan ratusan kursi berderet membentuk dua sisi kanan dan kiri. Hampir separuh kursi sudah terisi ketika Fenny memilih duduk di sayap kiri bagian tengah. Bertiga dengan suami dan Sita, Fenny merasakan atmosfer penuh semangat dengan adanya video yang ditayangkan sembari menunggu acara dimulai. Video tentang perjalanan Tokopedia berdiri hingga kini menjadi marketplace yang cukup di perhitungkan di kancah jual beli online.

Siapa sangka duo founder Tokopedia sempat diragukan ketika mencari dana investor. Hampir dua tahun perjalanan baru mendapat investor setelah di tolak berkali-kali. Maklum saat itu belum ada portofolio bisnis berbasis IT yang berhasil di Indonesia. Perjuangan yang cukup butuh waktu lama ya? 

Setelah setengah jam menunggu akhirnya acara dimulai. MC nya cukup interaktif meskipun sendirian membawakan acara. Peserta sempat heboh saat diumumkan ada hadiah kejutan dibalik pita kursi maupun dibawah kursi. Sempat dikira bohong-bohongan, ternyata ada teman yang mendapat voucher belanja Rp100.000,-.

Acara Tokopedia Roadshow Solo 2015 ini di sponsori oleh JNE dan Mandiri. JNE juga menjadi pilihan pengiriman yang tersedia di Tokopedia. Perwakilan JNE mengaku bahwa ada sekitar 12.000 paket yang masuk di pusat area Solo setiap harinya. Dan bisa dipastikan penyumbang terbesar paketan itu dari kontribusi para penjual online. Termasuk Fenny yang juga menjadi langganan JNE area Solo *pencitraan*.


Kehebohan peserta kembali muncul ketika Ge Pamungkas, seorang komika jebolan Stand Up Comedy muncul. Dengan banyolannya yang menggabungkan antara kebutuhan pokok manusia dengan komunikasi media online yang sekarang kekinian banget. Tak lain adalah "kewajiban" foto makanan sebelum di makan, apalagi kalau makan di restoran, gaya berpakaian yang sering disebut OOTD dan khayalan tingkat tinggi tentang rumah impian. Duh, berarti Fenny termasuk yang kekinian yak? :D

Baca juga: #OOTDAlaAku: Benarkah Harus Pakaian Bermerek?

Ge Pamungkas ternyata juga menjadi narasumber talkshow Tokopedia Roadshow Solo 2015 bersama Dina Sri Agustin, seller Tokopedia yang sukses dan Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia.

sumber gambar solopos.com
Sesi talkshow berlangsung dengan seru berkat moderator yang bisa mengajak ketiga narasumber bergantian sharing. Jadi tidak membosankan. Ge Pamungkus berbagi tentang pengalamannya menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang doang hingga menjadi mahasiswa tanpa harapan saking lamanya skripsi gak kelar-kelar sebelum akhirnya tercebur menjadi komika.

Sedangkan bu Dina Sri Agustin, pemilik akun Dina Wallsticker bikin ngeces dengan pengakuan bisa meraih omset hingga 16juta perbulan dengan fokus menjadi seller di Tokopedia. Sebelumnya bu Dina ini pekerja kantoran yang resign dan sempat tidak tahu harus berbauat apa untuk mendapatkan penghasilan pengganti lho. Saat talkshow, Bu Dina tidak segan berbagi tips bagaimana bisa sukses menjadi seller di Tokopedia.

Baca juga: Meraup Untung Belasan Juta dari Jualan Wall Sticker

Narasumber lainnya tak lain adalah salah satu dari founder Tokopedia. Masih muda, ganteng dan visioner *muji di balik suami :D. Leon ternyata dulu anggota Cafe Gaul seangkatan dengan Fenny. Duh malunya, Leon dah melesat eh Fenny masih berkutat menjadi blogger kekinian *lalu digeplak voucher Tokopedia.

Leon berbagi tentang awal mula datangnya inspirasi yang membuahkan Tokopedia. Pengalaman salah seorang pembeli online yang tertipu oleh penjual online membuat William dan Leon berinisiatif membuat wadah dan forum untuk memfasilitasi jual beli online yang terpercaya. Salah satunya dengan fitur rekening bersama yang wajib digunakan oleh semua pengguna akun Tokopedia baik penjual maupun pembeli.

Ditanya tentang pencapaian terbesar Tokopedia hingga saat ini, Leon menjawab bahwa, "Pencapaian terbesar Tokopedia saat ini adalah banyaknya orang yang terbantu untuk berjual beli online secara aman". Bagi Leon, bisnis yang paling indah adalah bisnis yang membantu orang lain.

Satu jam berlalu setelah talkshow dilaksanakan, ada sesi tanya jawab. Ada yang bertanya tentang fitur Tokopedia yang tidak memunculkan fitur COD, cara Tokopedia mendapatkan untung dari fasilitas Tokopedia yang sebagian besar gratis hingga cara menjadi pegawai Tokopedia. Sayangnya Fenny tidak mendapat sesi bertanya karena waktu terbatas.

Sesi tanya jawab berakhir. Saatnya pengumuman pemenang live tweet dan doorprize. Lagi-lagi Fenny tidak beruntung mendapatkan hadiah Smartfren untuk live tweet atau doorprize. Cukuplah ilmu yang bermanfaat untuk jadi bahan blogging. Acara talkshow pun diakhiri dan peserta dipersilahkan untuk mengambil makanan.

Di luar ballroom kotak makanan dan air mineral sudah tersedia. Bersama-sama dengan peserta yang lain Fenny memilih menghabiskan makanan di balkon samping Novotel Solo. Berasa makan di pinggiran jalanan Amerika. Lihat tuh betapa girangnya suami menikmati sesi makan ala street lesehan ini.



Sebenarnya ada sesi workshop setelah talkshow Tokopedia Roadshow Solo 2015. Namun karena Fenny takut kemalaman dan kasihan Sita yang masih harus menumpuh perjalana ke barat menuju rumah di Klaten maka Fenny memutuskan pulang. Serunya lagi sebelum pulang masih sempat bertemu dengan rekan sesama blogger. Asyiiiik ...


Siap menghadiri Tokopedia Roadshow 2015 di kota lainnya?

18 komentar:

  1. Giliran semarang besok pagi..insyaallah

    BalasHapus
  2. Besok. Mari ramaikan *lalu lihat list peserta tapi ngga menemukan namaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang gasik Mel biar ttp bisa masuk :D

      Hapus
    2. Podo mba, aku dpt email balasan & sms juga, tp pas cek daftar peserta ga ada namaku :P

      Hapus
  3. Semoga besok mengasyikkan acaranya....:)

    BalasHapus
  4. Wah, seru ya mba..
    InsyaAllah besok dateng ^^

    BalasHapus
  5. Senangnya kalo bisa ikut acara ini. Kapan, ya ada di Malang?

    BalasHapus
  6. Wah, abis ikutan roadshow ini biasanya jiwa enterpreneur langsung menggebu-gebu mencuat ke permukaan...
    berharap secepatnya ada di bandung lagi
    :D

    BalasHapus
  7. Besok insyaAllha saya ikutan yang di Semarang Mbak. Ih, semoga seru juga seperti yang di Solo ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Aku hadir yg hari ini di jogja mak..

    BalasHapus
  9. Kagak sabar sama acara besok :D *ngecas kamera*

    BalasHapus
  10. Ceritanya si Ge, mudah2an nggak nular ke saya, hehehe
    Tapi, semoga ilmu yang didapat dr acara Tokopedia dapat bermanfaat ya mba

    BalasHapus
  11. Hari ini seru loh acara di Semarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ih, ada nyanyiin Indonesia Raya juga ;)

      Hapus
  12. acaranya keren ya mbak...sayang ga bisa ikut (:

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)