Senin, 30 November 2015

Cara Menambahkan Fans Page Facebook di Blog

November 30, 2015 9 Comments
Suatu hari Fenny pernah mengirimkan pesan ke salah seorang teman yang juga sering berbagi tutorial blogging. Pasalnya, Fenny ingin menambahkan fans page di blog. Fenny sudah mengikuti cara membuat fanspage facebook di blog sesuai petunjuk di halaman resmi facebook. Namun yang ada malah hanya muncul teks nama fanspage saja. Grrrrrhhhhh....


Kamis, 26 November 2015

Kejutan Hotel Murah di Salatiga Dekat Terminal Tingkir

November 26, 2015 16 Comments
Menempuh perjalanan pulang pergi sejauh 225 km bagi Fenny sudah hal yang biasa. Resiko memutuskan pindah ke Klaten sementara klien banyak yang berasal di Semarang, otomatis mau tidak mau Fenny sering pergi pagi pulang malam menempuh jarak Klaten-Semarang. Terbayang dong capeknya. Apalagi jika membawa paket duo bocil. Tidak hanya capek badan, kadang bikin ngelus dada juga tingkah polahnya selama menemani Fenny bekerja.


Semenjak ada jalan lingkar Salatiga, suami sering memilih jalur lingkar ketimbang jalur kota. Meski Fenny tidak merasa perbedaan jarak tempuh yang signifikan antara dua jalur itu tapi memang lalu lintasnya lebih lancar. Dan tidak seperti biasanya, kemarin suami tiba-tiba putar balik ketika sudah hampir keluar jalur lingkar Salatiga. Kurang lebih 200 meter dari terminal Tingkir. Rupanya suami menuju sebuah hotel yang berada di ruas jalan menuju Semarang. Hotel Lavande namanya. Suami yang kebetulan sebelumnya sudah beraktivitas padat ternyata sudah tidak kuat menahan kantuk.

Ketika memasuki kamar, W.O.W …

Senin, 23 November 2015

ASUS Zenfone 2 Laser: Penulis kok Buram?

November 23, 2015 1 Comments
“Ketika teknologi telah melekat di kehidupanmu, seberapa besar ia membantumu?” – Fenny Ferawati –
Email itu berisi sebuah pesan singkat saja. Namun dengan membacanya cukup membuat Fenny sejenak mengecil karena membayangkan konsekuensinya. Email dari editor buku. Editor buku travelling perdana Fenny.

“Dear Fenny, kualitas foto tidak memenuhi standar. Semua buram. Minimal resolusinya 1200 x 800 pixel. Mohon dikirimkan ulang ya”

Jika saja ada alat yang mengubah kualitas dan ukuran gambar yang Fenny punya menjadi seperti yang diinginkan editor, tentu Fenny tak ambil pusing. Sayangnya kantong Doraemon yang ajaib yang bisa mengeluarkan alat-alat ajaib itu hanya khayalan. Mau tak mau, Fenny harus mengulang jejalah museum di Solo seharian penuh. Dengan kandungan yang makin berusia tua, terbayang dong betapa payahnya Fenny saat itu.

Tak disangka kamera smartphone suami bisa menghasilkan gambar yang sesuai permintaan editor. Bahkan kualitas gambarnya jernih meski kondisi low light. Maklum kalau di museum terkadang pencahayaanya tidak memadai. Bahkan di museum batik sengaja diberi pencahayaan minimalis karena cahaya terang bisa merusak batik. Setelah penemuan itu, Fenny jadi sering “ngrusuhi” smartphone suami. Walhasil phone storage smartphone suami jadi penuh dokumentasi kegiatan Fenny. Belum lagi aktivitas suami bersmartphone ria jadi terganggu. Tammbah manyun deh suami. Asyiik, bisa jadi ide pengajuan anggaran smartphone baru neh.

Sayangnya smartphone dengan spesifikasi sama dengan milik suami tidak lagi dijual versi barunya. Duh, patah hati deh. Karena kebutuhan smartphone dengan spesifikasi kamera yang menghasilkan kualitas gambar yang tidak buram makin mendesak, mulai lah Fenny melakukan pencarian.

Salah seorang teman blogger memamerkan hasil foto selfienya dengan Asus Zenfone 2 Laser sepulang dari acara Asus Zenfestival berhasil memikat Fenny. Spontan Fenny mengajukan Asus Zenfone 2 Laser untuk incaran baru. Bukan suami Fenny namanya kalau langsung ACC. Oke deh kita ngulik lebih detail si smartphone desain premium dengan harga mainstream ini.

Kriteria pertama yang dikulik suami adalah spesifikasi smartphone. Ketika Fenny dengan girang mengutarakan kamera Asus Zenfone 2 Laser 13 MP, suami langsung mematahkan dengan statement, “Percuma megapixelnya besar kalau tidak ada auto focus. Gambarnya tetap buram”. 

Duh, suami kayaknya perlu langsung diajak unboxing deh. Asus Zenfone 2 Laser khan sudah menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP dengan lensa f/2.0 aperture yang mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096pixel. Dengan dukungan zero shutter lag, tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat.


Yang paling wajib ada neh menurut suami, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus. Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, kamera dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya. Nah, pas banget khan dengan aktivitas Fenny yang sebagian besar di dalam ruangan saat menghadiri undangan sebagai blogger maupun pembicara.

Puas nunjukin keunggulan smartphone desain premium harga mainstream ini, suami menunjukkan tanda-tanda positif. Fenny sudah harap-harap cemas menunggu keputusan suami. Dan akhirnya …

“Oke deh beli. Nanti ASUS Zenfone 2 Laser-nya aku pakai, kamu pakai ini aja.” 

Fenny melongo mendengarnya. “Tuhaaaaan, beri aku Asus Zenfone 2 Laser!!!”.

Sabtu, 21 November 2015

Jangan Bingung di Vee Hotel, Yogyakarta

November 21, 2015 3 Comments
Malam sudah larut ketika Fenny sampai di hotel di Jogja dekat UGM ini. Suasana café yang ramai dengan anak-anak muda yang nongkrong menghabiskan malam tak sanggup membuat Fenny mengajak nongkrong suami terlebih dahulu. Privat 12 jam nonstop belajar Instagram Marketing di Wisma MMUGM,  hotel di Jogja dekat kampus UGM itu membuat tenaga Fenny terkuras habis-habisan. Lebih-lebih sambil menggendong Sita, 11m. 

Ketika memasuki kamar tiba-tiba Fenny tercengang. Kondisi kamar yang cukup jadul membuat Fenny agak geli. Setelah meletakkan Sita yang tertidur, Fenny malah asyik mengamati interior kamar. Saat meletakkan tas di meja, Fenny mendapati meja berlapis kaca itu sudah bergerigi di bagian tepi. Lucunya lagi, terselip jadwal ujian mahasiswa UGM beberapa bulan silam. Sepertinya ada mahasiswa yang perlu suasana baru menjelang ujian hingga mengungsi ke hotel. Diatas meja ada televisi model tabung yang disangga besi yang sebenarnya sudah masuk kategori barang rongsokan. 


Bergeser ke ventilasi pintu, sawang alias kotoran debu bertengger manis menutupi kawat kassa nyamuk. Dengan bercak cipratan cat di beberapa tempat, lengkap sudah penderitaan ventilasi itu. Ketika Fenny rebahan, nampak sambungan kabel di lampu neon bulat yang telanjang terurai kemana-mana.



Jumat, 20 November 2015

Giveaway: Tebak Siapa Kamu?

November 20, 2015 34 Comments
"Mbak Fenny, mau dong tahu resepnya biar seperti mbak Fenny"

Chit chat dengan salah satu teman facebook Fenny sempat membuat waktu terhenti sejenak. Fenny jadi berfikir, Fenny seperti apa yang ada dalam fikiran teman itu? Daripada tebak-tebak manggis, Fenny melemparkan pertanyaan balik.

"Fenny yang seperti apa mbak?"

Selasa, 17 November 2015

Guest House Simply Homy, Enaknya Rame-Rame

November 17, 2015 4 Comments
Kebayang nggak seh ketika nginep rombongan, entah itu sama teman, saudara atau keluarga eh tahu-tahu dapat kamar terpisah satu sama lain yang tidak berdekatan? Dijamin repot. Ada pengalaman Fenny sekeluarga ketika menginap di hotel saat wisuda adik di Purwokerto. Fenny, suami dan Sita dapat kamar di ujung sayap kanan sedangkan Bapak, Ibu dan Al di ujung sayap kiri. Kasihan Bapak, Ibu dan Al ketika butuh bantuan Fenny atau suami. Harus jalan cukup jauh atau telfon-telfonan.


Minggu, 15 November 2015

Oleh-Oleh Khas Korea dari Sahabat Maya

November 15, 2015 2 Comments
Satu sachet masker wajah dan guci mungil untuk minum arak teh terulur setelah Fenny selesai meletakkan bawaan di kursi. Fenny menatap wajah teman yang mengulurkan kedua benda bertuliskan huruf Korea itu.

“Inih, katanya mau oleh-oleh dari Korea?”, selidiknya genit sambil senyum-senyum, “Tar aku berubah pikiran lho kalau ga diambil-ambil”.

Jumat, 13 November 2015

Cara Membuat Menu di Blogspot Berdasarkan Kategori

November 13, 2015 8 Comments
Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang rekan blogger yang bertanya cara membuat menu horizontal di blogspot. Berhubung saat itu ada laptop dengan koneksi internet, langsung saja Fenny ajari langkah-langkahnya. Mulai dari cara menambah dan mengelola menu horizontal di bawah header blogspot berdasarkan link, page maupun kategori. Cara membuat menu di blogspot dengan link maupun page sudah pernah bahas tutorialnya.




Kamis, 12 November 2015

KETIKA SURAT PERINGATAN DATANG

November 12, 2015 1 Comments
Surat peringatan seringkali ditemukan dalam dunia kerja. Biasanya surat ini dilayangkan oleh atasan untuk karyawan yang melakukan pelanggaran. Toleransinya pun beragam. Ada yang sekali diberi surat peringatan dan pelanggaran kedua langsung tindakan. Ada yang sampai berkali-kali. Namun sepanjang yang Fenny pernah dengar maksimal 3 kali surat peringatan. 

sumber gambar disini

Rabu, 11 November 2015

Cara Membuat Blog Blogspot Gratis

November 11, 2015 2 Comments
Jaman sudah memasuki tahun 2015 dimana perkembangan internet kini sudah merambah bayi baru lahir. Tandanya adalah banyaknya bayi-bayi baru lahir yang muncul di internet *hihi ... abaikan analogi sedikit ngawur ini*. Ini hanyalah untuk menekankan bahwa koneksi internet sekarang begitu mudah dicapai dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Namun pertanyaan bagaimana cara membuat blogspot masih menjadi pertanyaan yang populer.




Senin, 09 November 2015

Happy November Rain: Titik Balik

November 09, 2015 23 Comments
Duh, ceileee…. judulnya sok Inggris. Ini gegara Keina Tralala yang mengajak bahas tentang kegembiraan di bulan hujan ini. Jika tidak, belum tentu judul keinggris-inggrisan nampang teduh manis. Pas banget memang ada banyak kegembiraan yang datang bersamaan dengan hujan pertama di bulan November yang layak dibahas. 

Minggu, 08 November 2015

Dinasty Smart Hotel Solo, Kecil Sih Tapi …

November 08, 2015 25 Comments
“Ibu, lihat ada kolam renang”
Suara riang Al terdengar ketika Fenny sedang menutup pintu kamar. Rupanya Al sudah lebih dulu menjelajahi hotel tempat kami menginap. Ketika Fenny mendekati Al dan melihat ke arah bawah dari lantai dua letak kamar kami berada, terlihat sebuah kolam renang ukuran keluarga dengan gemericik air dari pancuran mulut patung lion. Sontak saja Al langsung menarik-narik saya untuk turun. Saya jadi ingat beberapa waktu yang lalu menjanjikan Al untuk berenang. Tak disangka bisa terwujud di hotel yang sepintas terlihat kecil ini. Bisa jadi rekomendasi hotel di Solo yang ada kolam renang neh.


Sabtu, 07 November 2015

Belajar Totalitas dari Seorang Komika

November 07, 2015 2 Comments
Suara tawa memenuhi ballroom berisi lebih dari 1000 orang. Semakin riuh tawa terdengar, penghuni panggung tunggal itu semakin semangat bermonolog. Joke demi joke dilempar untuk menghibur penonton. Tema segala sesuatu yang kekinian di dunia internet menjadi bahan monolognya. Dengan wajah yang tampan dan penampilan necis, laki-laki yang sedang ber-stand up comedy itu nampak sempurna. Apalagi kata Hazmi Srondol, kegeniusan seseorang terlihat dari candaannya. Semakin cadas candaannya, semakin genius. Lalu, benarkan komika yang ganteng itu juga genius?


Kamis, 05 November 2015

Adalia Homestay, Serasa Kembali Pulang ke Rumah

November 05, 2015 1 Comments
sumber gambar: doc Adalia Homestay
Gerbang nampak tidak terkunci. Suara besi roda beradu ketika Fenny mendorong gerbang nampaknya memanggil bu Muli untuk datang menghampiri.

“Sinih aku bantu buka, pasti kamu capek”, ujar bu Muli sembari mengambil alih untuk mendorong pintu gerbang. Fenny lalu bergeser masuk ke halaman. Ketika suami sedang memarkirkan mobil di parkiran yang luas, bu Muli menggandeng Fenny ke sudut rumah. 

Selasa, 03 November 2015

Follow Us @soratemplates