Sabtu, 07 November 2015

# sudut pandang # tips

Belajar Totalitas dari Seorang Komika

Suara tawa memenuhi ballroom berisi lebih dari 1000 orang. Semakin riuh tawa terdengar, penghuni panggung tunggal itu semakin semangat bermonolog. Joke demi joke dilempar untuk menghibur penonton. Tema segala sesuatu yang kekinian di dunia internet menjadi bahan monolognya. Dengan wajah yang tampan dan penampilan necis, laki-laki yang sedang ber-stand up comedy itu nampak sempurna. Apalagi kata Hazmi Srondol, kegeniusan seseorang terlihat dari candaannya. Semakin cadas candaannya, semakin genius. Lalu, benarkan komika yang ganteng itu juga genius?


Ge Pamungkas, demikian nama pelawak tunggal yang mengisi panggung Tokopedia Roadshow Solo 2015. Kehadirannya muncul tiba-tiba dan langsung mendapat perhatian penonton. Fenny kira, kehadirannya hanya menjadi penghibur seperti yang dilakukannya di awal acara. Namun ternyata setelah melawak, Ge Pamungkas kembali hadir di kursi narasumber. Bersama narasumber lain yang merupakan salah satu dari seller sukses Tokopedia dan COO Tokopedia, Ge Pamungkas juga ikut berbagi perjuangannya hingga mencapai prestasinya kini di dunia hiburan. Mungkin ini juga yang menjadi bukti bahwa orang yang bisa menghibur orang lain dengan candaan itu ciri orang yang genius.


Sebagai juara pertama pada kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season kedua pada tahun 2012, nama Ge Pamungkas mulai dikenal orang. Ketidaksengajaannya mengikuti kompetisi itu ternyata memberikan perubahan besar atas jalan hidupnya. Dari seorang mahasiswa yang hampir frustasi karena tak kunjung kelar skripsinya menjadi pelawak tunggal dan aktor yang sukses. 

Adalah ulah teman-teman yang mendaftarkannya di ajang pencarian komika tanpa sepengetahuan Ge Pamungkas. 

“Mungkin teman-teman kasihan lihat saya yang sudah seperti mahasiswa kupu-kupu kehilangan bunga, kerjanya kuliah pulang, kuliah pulang tanpa semangat gara-gara skripsi yang tak kunjung di acc. Jadilah teman saya mencarikan dunia baru untuk menyelamatkan saya”, demikian cerita Ge Pamungkas santai.

Ternyata Ge Pamungkas merasakan kepuasan tersendiri ketika orang tertawa mendengar monolognya. Oleh karena sudah tercebur di dalamnya, Ge memutuskan untuk fokus mengembangkan ketrampilannya menjadi komika. 

“Kalau perlu pakai kacamata biar foKus. Jangan kacamata kuda karena sudah mainstream, pakai kacamata aviator biar keren”, ujar pria bernama lengkap Genrifinadi Pamungkas ini berbagi tips dengan gayanya. Penonton jelas tertawa mendengarnya meski sambil menganguk-angguk tanda membenarkan.

Baginya menjadi lucu itu mudah, namun memiliki ciri khas adalah mutlak untuk dikenal dan dikenang.

“Pertama kali gue ikutan open mic Metro TV itu paksaan dari temen, ikutan kompetisi stand up di salah satu tv swasta juga karena paksaan dari komunitas. Tapi pas udah terjun lama-lama mikir ada ilmunya juga”, lanjut Ge Pamungkas bercerita.

Belajar, Belajar dan Belajar. Itulah yang membuat Ge Pamungkas akhirnya meraih prestasi sebagai komika. Totalitasnya di dunia hiburan tak lagi diragukan. Pria kelahiran 25 Januari 1989 ini telah merambah dunia film dan sitkom. Tak kurang dari 7 film yang sudah dibintanginya dimana yang terbaru berjudul Negeri Van Oranje. Tak tanggung-tanggung, Ge Pamungkas hingga terbang ke Belanda untuk syuting film tersebut. Meski menurutnya berakting lebih sulit dibanding melawak, Ge Pamungkas tetap menunjukkan totalitas dalam berkarya.

Ge Pamungkas menutup sesi wawancara di Tokopedia Roadshow Solo 2015 dengan berbagi quote favoritnya, yaitu:
Not all hard work attempt could make u being successful--but every  success is made by a hard work attempt..                                   
If you wanna do something, then do your best--let GOD do the rest.               

2 komentar:

  1. asyik ya mbaa bisa menghadiri acara istimewa ikon hijau keren ini :)

    BalasHapus
  2. Jadi komika itu nggak mudah, kebayang harus melucu di depan ribuan orang, brr...aku suka Ge, sama yang satunya, Kemal ya...

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)

Follow Us @soratemplates