Jumat, 13 November 2015

# tutorial # tutorial blogging

Cara Membuat Menu di Blogspot Berdasarkan Kategori

Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang rekan blogger yang bertanya cara membuat menu horizontal di blogspot. Berhubung saat itu ada laptop dengan koneksi internet, langsung saja Fenny ajari langkah-langkahnya. Mulai dari cara menambah dan mengelola menu horizontal di bawah header blogspot berdasarkan link, page maupun kategori. Cara membuat menu di blogspot dengan link maupun page sudah pernah bahas tutorialnya.




Saat membuka kelas online poles blog alias desain blog, ada juga peserta yang bertanya cara membuat menu di blogspot berdasarkan kategori. Menu tersebut difungsikan supaya ketika di klik muncul postingan artikel yang diberi label untuk kategori tertentu. Misalnya seperti contoh menu PORTOFOLIO yang ada di blog ini. Ketika di klik menu Portofolio, maka postingan artikel yang Fenny beri label portofolio akan muncul.

Cara membuat menu horizontal di bawah header blogspot berdasarkan kategori cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.


  • Login ke dashboard admin blogspot, klik menu Layout dan klik Edit pada widget Pages. Jika belum ada widget Pages, bisa ditambahkan dengan meilihat tutorialnya disini.

  • Klik Add an external link.

  • Isi kolom Page Title dengan nama menu yang akan muncul, misalnya Portofolio.
Isi URL dengan link format alamatblog/search/label/labelpilihan. Contohnya kalau untuk label portofolio untuk blog ini maka linknya http://blogmissfenny.blogspot.co.id/search/label/Portofolio. Jika menu menggunakan dua kata, misanya Tutorial Blogging maka linknya jadi alamatblog/search/label/sukukatapertamalabel%20sukukatakedualabel. Contoh untuk menu Tutorial Blogging maka linknya menjadi http://blogmissfenny.blogspot.co.id/search/label/Tutorial%20Blogging.


  • Klik Save Link.
  • Atur letak menu dengan di drag atau digeser lalu klik Save.
  • Jangan lupa klik Save Arrangement.

Hal yang perlu diperhatikan adalah konsisten menggunakan label dengan memperhatikan besar kecilnya huruf. Jika di menu tertulis Portofolio maka labelnya pun di tulis Portofolio, jika portofolio maka di tulis portofolio. Demikian juga jika ditulis huruf besar semua seperti PORTOFOLIO maka ditulis juga di label PORTOFOLIO.

Selamat mencoba :)


8 komentar:

  1. makasih mba sangat bermanfaat dr : www.balinesegallery.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terimakasih ilmunya..
    Ditunggu kunjungannya....

    BalasHapus
  3. Alhamdullilah, bermanfaat banget loh, Miss :)

    BalasHapus
  4. Request, Mak. Bikin tutorial bikin sub menu bar doonggg

    BalasHapus
  5. Miss Fenny, kalau isi dari pagesnya itu berupa beberapa artikel gimana? apakah memasukkan secara berulang -ulang? terima kasih

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)

Follow Us @soratemplates