Jumat, 11 Desember 2015

# giveaway

[ Blogtour, Review & Giveaway ] Buku 3 Emak Gaul Keliling 3 Kota

Halooooo semuanya, seseruan lagi yuuuuk !!! :) Ada giveaway lagi dari Miss Fenny. Giveaway kali ini masuk dalam rangkaian blogtour buku 3 Emak Galau Gaul Keliling 3 Kota. Sebelumnya sudah ada mbak Muna Sungkar yang mengawal blogtour pertama dan sekarang giliran Fenny. Nantinya juga akan ada blogtour yang digiring sama mbak Ika Koentjoro. Kami bertiga memang penulis buku 3 Emak  Galau Gaul Keliling 3 Kota. Mumpung ketiganya juga blogger jadi sepakat deh blogtour kami gawangi sendiri. Oke lanjuuuuttt...




Sebelum mulai blogtour, intip dulu yuk buku travelling perdana Fenny dan kawan-kawan.


Judul: 3 Emak Gaul Keliling 3 Kota
Halaman : 192 halaman
ISBN : 9786023940073
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Penulis : Fenny Ferawati, Ika Koentjoro, Muna Sungkar

Sinopsis

Liburan di Yogyakarta, Semarang, dan Solo pasti gak jauh-jauh dari Malioboro, Lawang Sewu, atau Keraton Surakarta. Bosan gak sih ke sana terus? Masih banyak loh tempat-tempat wisata seru lainnya di kawasan tersebut. Gak kepikiran untuk berkunjung ke museum-museum yang ada di sana? Ada banyak museum menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata selama di sana. Dan pastinya, ga kalah keren. ASLI!!!

Gak percaya? Yuk, ikuti petualangan 3 emak (gaul) menyusuri museum-museum (kece) di Yogyakarta, Semarang, dan Solo di buku ini. Dijamin bikin kamu ngiri! Dijamin kamu pasti ingin ke museum juga!
Ke museum itu keren!!!

Review

Sebagaimana yang tercantum di sinopsis, buku ini mengangkat 3 museum yang ada di seputar Jogja, Solo dan Semarang. Namun kali ini Fenny ingin bercerita seputar museum di Solo saja. Hal yang paling menyenangkan ketika menyusuri museum-museum yang di Solo adalah semua museum di Solo bisa disusuri dalam satu waktu karena jaraknya yang berdekatan. Misal mengambil jalur dari Semarang atau Jogja, museum Samanhudi yang bercerita tentang perjuangan Samanhudi mendirikan Serikat Dagang Islam dan perkembangan dunia batik di Solo bisa menjadi tujuan pertama. Dari museum Samanhudi, bisa meluncur ke museum Keraton Solo yang berdekatan dengan pasar Klewer. Museum yang berada di kawasan Keraton Surakarta ini sebenarnya hanya bagian kecil dari komplek keraton yang luasnya hampir 5 ha. Belum lengkap belajar sejarah keraton Surakarta jika belum mengunjungi museum Mangkunegaran. Disini simbol dan bukti kekayaan penguasa kadipaten ini terlihat hingga kini. Simbol kejayaan pasukan keraton yang diakui seluruh dunia juga ada disini.

Museum Pers dan Radya Pustaka menjadi tujuan berbau informasi dan sastra yang kental. Jika di museum pers lebih menonjolkan sastra modern dari mulai media cetak dan elektronik, museum Radya Pustaka memiliki koleksi sastra jaman dahulu yang terus di reproduksi hingga sekarang. Terakhir ada museum Batik Danar Hadi yang memanjakan mata dengan ribuan koleksi motif batik.

Dalam buku ini tersaji lengkap dari mulai koleksi tiap museum, jam buka, tiket masuk, tips ketika di museum supaya penelusuran lebih menyenangkan dan juga cara mencapai lokasi. Dijamin penjelajahan museum di Solo akan seru dan menarik.

Blogtour

Mau buku 3 Emak Galau Gaul Keliling 3 Kota.GRATIS??? Ikuti cara berpartisipasi dalam blogtour ini yuk.
  1. Folllow blog Miss Fenny dengan klik Join This Site di sidebar kiri blog ini.
  2. Share di facebook dengan mention Fenny Ferawati atau di twitter dengan mention @fennyferawati.
  3. Jawab pertanyaan berikut: Jika dipercaya mengelola museum di Solo, manakah yang dipilih dan apa ide terbaikmu untuk mempromosikannya? 
Akan ada 1 pemenang yang beruntung mendapatkan buku 3 Emak Galau Gaul Keliling 3 Kota. Bebas ongkos kirim. Blogtour berlangsung tanggal 12-20 Desember 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 22 Desember 2015 di blog ini. Ditunggu partisipasinya yaaaa ...

15 komentar:

  1. Wah ... kayanya seru nih bukunya. :D

    BalasHapus
  2. anak2 muda sekarang kurang tertarik ma moseum ya mbak kyaknya..memang musium kudu dipromoin..sukses y :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. salah satunya dengan buku ini :)

      Hapus
  3. Sayang banget pas launching d semarang aku nggak bs ikut, padahal udah nunggu2 acaranya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut yang di jogja mbak besok Januari, hihi

      Hapus
  4. Aku ikutan ya ..udah follow blognya mba fenny
    Nama : Siti Nuryanti
    Twitter:@NelyRyanti
    Link share :https://twitter.com/NelyRyanti/status/676609536296284161

    Pertanyaan : Jika dipercaya mengelola museum di Solo, manakah yang dipilih dan apa ide terbaikmu untuk mempromosikannya?

    Jawaban :
    Saya akan pilih museum Radya Pustaka, selain karena ini museum tertua di Indonesia. Di Museum ini juga memiliki perpustakaan umum yang menyimpan buku-buku kuno dan sejarah. seni kesusastran dan tradisi budaya jawa. Saya suka dengan hal yang berbau sejarah dan sastra seperti ini, ini makin membuatku bangga jadi orang jawa ..#eh bukan rasis sih..he..he
    Cara promosinya :
    Museum memang jarang menjadi tempat favorit kaum muda untuk berwisata, mungkin dengan mengadakan event yang melibatkan anak muda di dalamnya seperti : workhsop atau diskusi ilimiah tentang budaya solo atau sastra, tempatnya di museum tersebut. atau lomba-lomba seperti lomba baca puisi,lomba menggambar atau mewarnai bagi anak-anak SD dan TK, biar tambah rame
    Atau dapat juga bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat, agar ada program rutin anak sekolah yang berkunjung ke museum tersebut atau dari pihak Museum yang berkunjung ke sekolah-sekolah

    Itu ide saya sih...atau mungkin sudah diterapkan kali ya



    BalasHapus
  5. Ikutan ya,mba'Fenny. Dah follow blog, share
    Nama : Nur Rochmaningrum
    Twitter: @NRochmaningrum

    Jawaban:
    Museum batik Danar Hadi
    Anak-anak tidak familiar dengan batik. Meski di hari tertentu di sekolah diwajibkan memakai batik - hanya sekedar memakai demi mematuhi peraturan sekolah. Dengan mengenalkan, mendekatkan batik - menumbuhkan rasa/jiwa memiliki warisan budaya, menghargai proses kreatif dalam menghasilkan batik, membantu perekonomian daerah.
    Cara promosi:
    1. Menjadikan salah satu tujuan rekreasi/study tour bagi anak-anak sekolah.
    2. Bekerja sama dengan pemda setempat dan biro2 wisata. Museum sebagai destinasi wisatawan lokal maupun manca negara. Mengirim misi budaya ke luar negeri.
    3. Museum dijadikan sebagai tempat pameran budaya, mis. dengan mengadakan peragaan busana batik, mengundang pelaku usaha batik dan orang2 yg terlibat di dlmnya.
    4. Museum dijadikan ruang publik. Benda-benda koleksi bukan hanya sebagai pajangan namun bisa sebagai tempat berinteraksi dengan masyarakat. Contoh: dgn mengadakan workshop, kajian, seminar, lomba cipta kreasi batik.
    5. Ruang non museum dan halaman museum disewakan untuk umum. Tujuannya agar museum lebih dekat dengan masyarakat. Kayaknya asyik kalau museum dipakai untuk kegiatan pramuka, perayaan hari raya. Apalagi kalau ada wedding dengan latar yang klasik gitu. Datang ke acara ini sekalian melihat-lihat koleksi museum.
    Mudah-mudahan museum bukan hanya sbg tempat menyimpan benda sejarah saja namun sanggup memikat pengunjung untuk melestarikan dan mengembangkannya.
    Itulah ide saya. Semoga museum2 di Indonesia makin ramai.

    BalasHapus
  6. Arina Mabruroh,
    @arinamabruroh
    Link Share: https://www.facebook.com/arina.mabruroh/posts/10205224578829245

    Solo, salah satu kota impian buat stay, hihi.
    Kalo dapat mandat jadi pengelola museum di Solo ( aku pilih museum RADYA PUSTAKA), yang pertama aku lakukan adalah mempelajari museumku selengkap-lengkapnya, termasuk kondisi dan rating pengunjungnya.
    Setelah mempelajari dan melakukan evaluasi, bersama tim merencanakan strategi pemasaran museum agar pengunjung selalu ramai, diantaranya:
    - Banyak sosialisasi ke masyarakat termasuk lewat brosur/flyer dan membuka stand saat CFD
    - Merekrut relawan, khususnya para mahasiswa jurusan sejarah/sastra dari kampus sekitar
    - Bekerjasama dengan sekolah untuk melakukan kunjungan ke museum. (bayangannya ada berapa sekolah mulai dari TK sampai SMA dan berapa kelas), kalo ada satu sesi kelas sejarah dan Bahasa Indonesia yang dilakukan dengan outing ke museum, paling tidak seminggu sekali ada satu kunjungan dari sekolah
    - Bekerjasama dengan komunitas homeschooling
    - Pengajuan siaran edukasi ke radio dan TV lokal, untuk memberikan wacana kepada masyarakat terkait museum beserta isinya
    - Ngadain pameran dan lomba-lomba di museum
    Sambil memasarkan museum, harus merombak juga beberapa bagian yang sudah terbengkalai dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih menarik.
    Terakhir, menambah media yang menarik dan sesuai dengan tema Museum seperti 3D theater, Film dokumenter, dan scinece corner. Oia, kalau bisa juga menambah museum ala Madam Tussaund itu.. menampilkan patung para sastrawan Indonesia. hehehe

    BalasHapus
  7. Nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    Twitter : @annisa_nurazza
    Link share : https://twitter.com/Annisa_nurazza/status/677106894335447040

    Jika dipercaya mengelola museum di Solo, manakah yang dipilih dan apa ide terbaikmu untuk mempromosikannya?

    Jawab :
    kalau aku lebih memilih museum purbakala sangiran tapi itu gak masuk solo masuk sragen dan karanganyar .. boleh gak ya ?? kalau boleh aku memilih museum itu memiliki kompleks situs sangiran juga yang sudah diakui UNESCO sebagai bagian dari World Heritage List sejak tanggal 5 Desember 1996. Jadi situs itu merupakan kompleks situs yang paling lengkap di Indonesia Bahkan mungkin di dunia. Jadi harus benar - benar kita jaga dan rawat karena itu merupakan kebanggan tersendiri bagi Indonesia. Jangan malah arkeolog luar negeri yang lebih memperhatikan . seperti dulu justru yang fosil aslinya di bawa ke belanda dan yang dimuseum sangiran nya merupakan tiruan. karena sangiran bukan hanya memberikan gambaran evolusi fisik saja,tapi juga evolusi budaya dan lingkungan.

    Nah,jika aku diberi kesempatan untuk mengelola aku ingin mempromosikannya lewat berbagai event yang aku adakan di sana,misalnya event lomba essay atau membuat artikel untuk pelajar tentang fosil yang ada disana atau apapun. juga mungkin dengan mengadakan pameran di luar negeri agar menarik minat turis asing untuk datang ke sana .

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah ke museum di Solo, baru ke tempat2 batik aja nihh. KAu cari ide dulu yaa untuk ikutan GA, kalo udah dapet balik lagi heheh

    BalasHapus
  9. Nama : Rima Miftachul Hidayah
    Twitter: @RimaMiftach

    Aku mau promosikan museum Radya Pustaka. Pertama, cat ulang gedungnya. Kedua mengadakan lomba mewarnai di aula museum. Bikin iklan di koran. Mengadakan lomba foto museum. Bikin facebook, twitter, blog dan share ke seluruh dunia.

    Bekerjasama dengan blogger untuk mengenalkan lagi museumnya. Bikin museum lebih bersahabat dengan masyarakat

    BalasHapus
  10. Pengen ikutaaan...
    Giveaway nya keren. Maksa buat cari tahu tentang museum di solo

    BalasHapus
  11. Nama: hp melati
    Twitter: @hpmelati
    Jawab: saya mau jd pengelola museum apa saja. Misi utama saya adl menjalin kerjasama dgn museum2 lain di Solo krn letaknya yg berdekatan satu sama lain. Keuntungannya adl:
    1. Bisa membuat tiket terusan. Selain menjadi item must have buat para wisatawan daneningkatkan pendapatan museum. Dengan tiket terusan, pengunjung jg akan mdapatkan mini paspor yg berisi peta destinasi seluruh museim di Solo. Tidak hanya itu, juga ada info tempat makan pilihan dan angkutan yg bisa dgunakan menuji museum2 itu dan tentunya nomor2 darurat. Dalam paspor itu ada kolom2 yg nantinya akan dicap dtiap2 museum. Siapa yg paspornya lengkap capnya, akan mendapatkan medali unik.

    2. Melakukan kegiatan promo bersamaan. Jadi pada acara atau hari istimewa tertentu, tiap-tiap museum akan melakukan kegiatan yg saling berkesinambungan satu sama lain. Misal, saat liburan anak bisa diadakan tur museum dgn tiket terusan itu dgn angkutan istimewa, replika kencana. Atau saat hari batik, ada fashion show batik di museum danar hadi pada malam hari dan siangnya ada demo atsu lomba membuat bolu gulung bstik di museum samanhudi dan lomba mewarnai batik di museum sastra. Pokoknya serentak dan dgn media promo yg sama jdhemat pengeluaran.

    3. Kepopuleran satuuseum dgn yg lain jd saling menggerek dan dgn iti semoga semakin kreatif ^.^

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)

Follow Us @soratemplates