Jumat, 01 April 2016

Inilah 7 Tips Belanja Bulanan Dengan Hemat

Berbelanja adalah kegiatan yang tak pernah lepas dalah kehidupan sehari-hari kita. Berblanja dapat di artikan sebagai suatu aktifitas untuk  memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan adanya transaksi yang dilakukan seperti, membeli kebutuhan makanan, pakaian, alat rumah tangga dan kebutuhan lain yang sedang dibutuhkan atau kita inginkan. Namun, terkadang kegiatan berblanja ini menjadi kegiatan pemborosan  pada uang atau tabungan yang kita miliki. Jika, kita tidak mampu mengelola dengan bijak dan selalu menuruti hasrat keinginan berblanja sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Oleh karena itu ada beberapa tips belanja bulanan dengan hemat.




1. Cek Bahan yang saat ini kamu miliki
Ketahui bahan-bahan yang saat ini dimiliki. Seperti bahan makanan, gula, garam, saos sambal, teh, kopi, susu telur, dll. Ada juga kebutuhan mandi dan kebersihan rumah, seperti pasta gigi, sabun, shampoo, dan diterjen yang cepat habis jika terus digunakan. Dengan mengecek bahan yang  kamu miliki, kamu akan tahu bahan apa saja yang akan kamu butuhkan selama sebulan kedepan.

2. Buat Rincian Berbelanja
Kamu harus menulis semua kebutuhan yang kamu ingin beli selama sebulan, sehingga saat berblanja kamu tidak menggunakan uang blanja kamu utuk sesuatu yang tidak diperlukan. Krena semua kebutuhan yng ingin dibeli sudah tertulis.

3. Tetapkan Tanggal Berbelanja
Kamu huarus menetapkan tanggal belanja kamu, agar kegiatan berbelanja jadi terarah dan terjadwalkan. Sehingga kamu tidak menghabiskan uang untuk  berbelanja secara terus menerus. Selain itu, waktu yang kamu gunakan menjadi lebih efektif dan terjaga.

4. Beli kebutuhan rutin dengan jumlah besar
Dengan membeli barang secara besar akan membuat kamu lebih hemat, karena biasanya, jika kamu membeli dalam jumlah yang cukup banyak  akan mendpatkan harga yang lebih murah. Dari pada kamu harus memebelinya sedikit dan berkala akan membuat kamu menjadi lebih boros dan keuangan tidak teratur dengan baik. Dalam melakukan hal ini, kamu juga harus melihat kebutuhan yang biasa digunakan dalam sebulan agar saat  berblanja sesuai dan tidak berlebih.

5. Jangan Bawa Uang Berlebihan Saat Berbelanja.
Ketika kamu berbelanja di pusat perbelanjaan jangan terlalu banyak membawa uang. Hal ini akan membuat kamu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. Kamu cukup membawa uang dengan pas yang sesuai dengan rincian belanja  yang telah kamu tulis.

6. Jangan Terlalu sering menggunakan kartu kredit
Kamu juga harus bijak menggunakan kartu kredit. Jika kamu ingin hemat dan tidak boros, maka gunakan katu kredit secukunya hanya untuk membeli barang yang sudah kamu catat rinciannya. Dengan kartu kredit terkadang barang yang kita beli menjadi lebih murah, namun hal ini yang sering tidak bisa kita hindari sehingga hasrat berblanja kita menjadi berlebihan.
7. Memanfaatkan Toko Online
Kamu bisa memanfaatkan tokko online dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari kamu. Dengan membeli di toko online, akan membuat kamu hanya membeli barang yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ongkos pergi sehingga dapat meghemat keuangan yang kamu miliki. Kamu juga bisa lebih menghemat waktu dengan berblanja di toko online. Untuk berblanja online kamu bisa mengujungi situs ini.

6 komentar:

  1. Kalo belanja toko online malah godaannya tinggi. soalnya banyak barang yang murah2.

    BalasHapus
  2. yup, memang bener kalau belanja online godaan x lebih tinggi daripada yang biasa, : )

    BalasHapus
  3. Tipsnya sangat bermanfaat banget, apalagi kalau berbelanja di tempat-tempat wisata yang tentunya harganya sangat mahal.

    BalasHapus
  4. mantab kak aku suka tipsnya semoga bisa berguna bagi yang lain ijin share aja ya kak ^^

    BalasHapus
  5. yang susah ngontrol napsu gak belanja berlebihan.

    BalasHapus
  6. yang susah nahan nafsu saat belanja

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)