Rabu, 17 Agustus 2016

Mau Tampilan Rumah Baru Tanpa Keluar Banyak Uang? 7 Tips Renovasi Rumah Berikut Jawabannya


Tahukah teman-teman bahwa hunian yang nyaman dan sedap dipandang mata itu bisa mempengaruhi produktifitas sehari-hari? Jika sering beraktifitas di luar rumah, tentunya rumah menjadi harapan tempat beristirahat yang bisa membuat semangat kembali terisi.  Lalu, apakah kriteria rumah yang bisa membuat produktifitas meningkat dan mengembalikan semangat? Ternyata tidak harus selalu rumah yang baru dan bagus ala desain rumah yang lahir dari tangan arsitek kenamaan. Hal ini terbukti pada diri Fenny. Profesi freelancer yang notabene lebih sering berkutat dirumah, pandangan mata akan tampilan rumah sangat berpengaruh.

Berdasarkan pengalaman Fenny , tampilan rumah yang baru bisa menjadi terapi untuk mengembalikan suasana hati pemilik. Rasanya seperti mendapatkan suntikan semangat baru. Salah satu cara agar tampilan rumah menjadi baru adalah renovasi rumah. Sebagian orang tak masalah menyewa jasa desain rumah berikut kontraktornya. Namun jika anggaran terbatas, 7 tips renovasi rumah berikut bisa menjadi solusi mendapatkan tampilan rumah baru tanpa keluar banyak uang.

1.    Cat ulang dinding rumah
Mengganti cat dinding rumah adalah hal yang paling memberikan hasil signifikan. Selain membuat dinding rumah lebih bersih, warna tembok juga bisa dipilih yang bisa memberikan pengaruh positif, misalnya warna blue ocean yang menenangkan untuk warna cat dinding kamar.

2.    Hiasi Dinding Dengan Walpaper
Tak mau rumah belepotan cat dan beresiko berbau cat dalam waktu cukup lama? Wallpaper bisa menjadi pilihan yang praktis. Kini wallpaper hadir dalam beragam motif yang bisa disesuaikan dengan fungsi ruang. Wallpaper juga terhitung praktis karena kini ada jenis yang sudah termasuk lem sehingga bisa langsung tempel. Bagaimana jika bosan? Tinggal lepas dan pasang motif baru.

3.    Mengatur Ulang Pencahayaan
Pencahayaan rumah paling bagus adalah dari jendela atau bukaan. Namun jika terpaksa menggunakan lampu listrik, hal ini bisa menjadi alternatif untuk mengganti suasana. Memasang dua atau tiga lampu dengan tingkat terang yang berbeda cukup menyenangkan. Penggunaan cahaya bisa disesuaikan dengan aktifitas yang sedang berlangsung. Jika memungkinkan, memasang lampu warna-warni juga cukup menyenangkan.

4.    Memodifikasi atau Mengganti  Plafon
Menambahkan atau mengganti bagian plafon juga cukup memberikan sentuhan baru pada tampilan rumah. Bermain ornamen dan warna menjadi alternatif renovasi yang murah jika biaya mengganti palfon terlalu mahal.

5.    Buat  Partisi
Bermain-main dengan partisi ternyata juga seru. Selain meningkatkan privasi, berbagai pilihan partisi juga mempercantik rumah. Tidak harus partisi dengan bahan permanen. Benda-benda seperti vas bunga besar atau rak pajangan cukup memberikan nuansa yang berbeda pada arsitektur rumah.

6.    Ubah Tata Letak Perabotan
Renovasi rumah ala utak atik perabot rumah bisa dibilang cara yang paling murah meriah. Bahkan bisa dibilang tanpa rupiah. Cukup menyisihkan waktu dan tenaga, tatak letak perabot rumah yang berbeda dengan sebelumnya pasti akan memberikan tampilan baru.

7.    Manfaatkan Barang Bekas
Renovasi rumah yang biasanya merupakan ide kreatif yang diwujudkan oleh kontraktor bisa menjadi motivasi untuk lebih kreatif memanfaatkan barang bekas. Mengganti atau menambah ornamen hiasan dalam rumah dengan hasil daur ulang selain memberikan kepuasan tersendiri juga menjadi cara renovasi rumah yang ramah lingkungan. Contohnya dengan membuat kolase foto keluarga dengan kardus atau koran bekas sebagai pigura.

Beberapa tips diatas memang bisa dikerjakan sendiri. Namun jika waktu tidak memungkinkan atau tidak memiliki ketrampilan mumpuni, serahkan saja pada ahlinya. Bingung cari dimana ahlinya? Cek di Sejasa.com yuk.

1 komentar:

  1. makasih mb infonya bermanfaat bgt.. aku rencana juga mau modif suasana rumah

    visit back blogku yah : www.yeni-susanti.com

    BalasHapus

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)