Senin, 08 Agustus 2016

Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Sukses Berjualan Online

Berbisnis online saat ini menjadi salah satu hal yang menarik bagi banyak orang. Selain faktor keuntungan yang didapat, waktu untuk menjalankan bisnis online juga terlihat mudah disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.  Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Cukup berbekal smartphone dan koneksi internet yang anggarannya tidak lebih dari seratus ribu per bulan, siapapun bisa membuka toko online, salah satu jenis bisnis online.

sumber gambar: waspada.co.id

Namun jangan terkecoh dengan segala sesuatu yang terlihat mudah ketika memutuskan untuk berjualan online. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan supaya hasil jualan online bisa untung, bukan buntung. Berikut 7 hal yang perlu diketahui sebelum jualan online:
  •     Ketahui kualitas produk
Pastikan untuk urusan kualitas produk, utamanya jika mengambil dari supplier. Kasus kualitas barang yang tidak sesuai dengan foto produk membuat pelanggan kapok. Bahkan jika pelanggan yang kecewa itu menyebarkan informasi ke orang-orang disekitarnya, itu juga bisa merusak nama baik.
  •     Ketahui pangsa pasar produk
Tidak selalu produk yang menurut kita bagus atau murah pasti disukai banyak orang. Karakteristik konsumen baik dari segi umur, pendidikan, lokasi maupun pekerjaan bisa menjadi acuan untuk mengetahui siapa yang berminat dengan produk kita. Salah satu toko online Indonesia bahkan pernah menyebutkan bahwa untuk kalangan tertentu, harga baju dibawah Rp200.000,- itu terkesan murahan. Tentu ini sangat bertolak belakang dengan anggapan bahwa baju murah itu pasti diminati.
  •     Kenali media jualan
Saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk berjualan online. Dari mulai media sosial bahkan aplikasi chatting pun bisa difungsikan seperti facebook, line, instagram, telegram dan lain-lain. Tiap media berjualan online yang memiliki karakteristik masing-masing yang tentu tidak sama cara pemanfaatannya.
  •     Fokus
Beragam jenis produk yang bisa dipasarkan seringkali menggoda untuk ikut dijual. Terlebih jika toko online lain yang memasarkan produk tersebut terlihat laris-manis. Belum lagi banyaknya media jualan. Si penjual A nampak laris jualan online di media A lalu kita ikut-ikutan padahal belum tentu kita tahu bagaimana mengoptimalkan media jualan terebut. Lebih baik fokus dengan satu jenis produk dan di satu media tapi laris daripada menggurita dimana-mana tapi hasil belum tentu menjanjikan.
  •     Konsisten
Bagi sebagian besar orang, berjualan online seperti sesuatu yang instan.Cukup unggah produk lalu nanti banyak orang yang tertarik. Padahal tidak seperti itu. Pasar harus mengenal terlebih dahulu siapa kita, minimal toko online kita sebelum berbelanja. Sekali-dua kali diketahui pasar tidak cukup. Oleh karenanya rutin memasarkan adalah cara yang tepat supaya toko online dikenal. Hal ini yang sering diabaikan. Meski toko online, jam buka dan pelayanan pun harus memiliki jadwal agar diketahui oleh pasar.
  • Jujur
Hal yang paling sering menjadi jebakan untuk melakukan ketidakjujuran adalah masalah cacat pada produk dan pengiriman barang. Melakukan cek ricek barang sebelum dikirim ke pembeli adalah tindakan yang tepat. Jangan sampai pembeli kecewa jika ingin menjadi toko online terpercaya. Urusan pengiriman yang terkadang melibatkan jasa ekspedisi juga sering menjadi pemicu untuk tidak jujur pada konsumen. Konsumen akan lebih menghargai penjual yang tidak menghilang jika ada masalah saat pengiriman meski itu tanggung jawab jasa pengiriman.
  •     Hemat
Tujuan menambah penghasilan pada umumnya memang menjadi alasan utama sebagian besar pelaku bisnis online. Namun bukan berarti juga menambah pengeluaran ketika hasil mulai didapat. Cermat dan hemat dalam menggunakan hasil keuntungan jualan online tentu lebih baik. Alokasikan anggaran untuk menambah peralatan atau kemampuan menjual agar menjadi toko online terbaik di lini produk yang kita jual. Dengan begitu bukan tidak mungkin toko online yang ditekuni bisa menghasilkan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)