Selasa, 18 April 2017

6 Trik Sederhana Mencegah Kebakaran Di Rumah Baru


Fire safety atau pencegah kebakaran merupakan salah satu cara atau upaya yang dilakukan untuk mencegah bencana kebakaran. Umumnya fire safety ini hanya dimiliki oleh gedung – gedung perkantoran, mal, hotel hingga apartemen.

Namun tahukah kamu bila bahaya kebakaran akan selalu mengintai tanpa mengenal tempat? Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kamu perlu memiliki pencegahan di rumah baru milikmu agar bisa menghindari atau menyelamatkan diri dengan segera ketika kebakaran mengancam.

Kebakaran rumah sering terjadi akibat dari hubungan arus listrik, benda – benda yang tidak sengaja terbakar, hingga kompor meledak yang membakar seluruh benda mudah terbakar. Kejadian seperti bisa terjadi tanpa kamu duga. Meskipun begitu, kamu tetap bisa meminimalisir kemungkinannya dengan melakukan beberapa upaya berikut ini.

1. Bijak Gunakan Alat Elektronik
Menggunakan peralatan listrik memang sudah seharusnya dilakukan dengan benar dan tepat. Hindari untuk menggunakan peralatan listrik yang melebihi kapasitas meter listrik di rumah baru atau tempat tinggalmu.

Jangan lupa untuk rutin dan terbiasa mematikan serta mencabut peralatan listrik yang sudah tidak digunakan lagi seperti mematikan televisi ketika kamu hendak tidur atau mencabut charger laptop dan ponsel ketika dayanyasudah terisi penuh. Selain mencegah percikan api yang timbul akibat arus listrik yang bermasalah. Kebiasaan – kebiasaan tersebut pun akan sedikit menghemat pengeluaran untuk membayar biaya tagihan listrik.

2. Hindari Anak – Anak Dari Pemantik Dan Korek Api
Anak – anak cenderung menyukai hal – hal baru yang mereka temui. Maka sebisa mungkin hindari peralatan pemantik dan korek api dari anak – anak. Sembunyikan di tempat – tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak – anak. Rasa ingin tau tinggi yang dimiliki oleh anak – anak akan memicu mereka untuk ingin memainkan pemantik dan korek api tanpa sepengetahuanmu. Hal ini tentunya akan beresiko membakar benda – benda di rumah baru yang kamu miliki.

3. Sediakan Fire Extinguisher
Fire extinguisher tak hanya dibutuhkan untuk diarea publik saja, namun rumahmurah di Jakarta pun perlu untuk disediakan. Hal ini bisa mengantisipasi dan meminimalisir kebakaran besar yang terjadi di rumah baru atau tempat tinggalmu. Letakan alat kebakaran di dekat sumber api misalnya di area dapur agar dapat dengan mudah dijangkau.

Hal yang tak kalah penting ialah memeriksa keadaan alat tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.Perhatikan tanggal kadaluarsa alat dan ganti tabungnya bila sudah timbul karat.Jangan sampai alat kebakaran ini tidak dapat digunakan pada saat genting. Pastikan kamu mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

4. Pasang Alat Pendeteksi Asap
Alat pendeteksi asap atau smoke detector lazim kita temukan di hotel, rumah sakit, apartemen, hingga mall. Umumnya alat ini dipasang di langit – langit dan bekerja dengan mengandalkan sensor. Sensor ini akan mendeteksi asap dengan intensitas tinggi yang menandakan adanya sumber api yang tidak biasa. Bila asap terdeteksi, alat ini akan mengeluarkan peringatan dan memancarkan air untuk memadamkan api tersebut.

5. Rencanakan Jalur Evakuasi
Tidak ada seorangpun yang menginginkan bencana kebakaran terjadi. Bila hal tersebut dapat kita hindari, tidak ada salahnya untuk dicoba guna meminimalisir dampak fatal yang timbul di rumah. Bila api yang muncul sekiranya tidak terlalu besar, beranikan diri untuk memadamkannya dengan menyiramkan air atau menggunakan lap basah untuk menutupi sumber api, segera selamatkan anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Buatlah jalur evakuasi di rumah. Kamu bisa memasang tali atau tangga di dekat jendela lantai atas agar kamu dapat dengan mudah keluar rumah ketika kebakaran terjadi. Diskusikan masalah ini dengan keluarga.

6. Pahami Tindakan Pertama Saat Terjadi Kebakaran
Bekali diri dengan ilmu dan informasi mengenai tata cara mengatasi kebakaran di rumah baru. Lakukan upaya menyelamatkan diri dan orang – orang yang ada di dalam rumah.Cari informasi sebanyak mungkin terkat bagaimana cara menyelamatkan diri dan keluar dari rumah baru yang mengalami kebakaran. bagaimana cara memadamkan api yang tidak terlalu besar dengan efektif tanpa membuatnya menyebar kesisi rumah baru yang lain. Kamu bisa mendapatkan informasi ini melalui beragam cara mulai dari browsing internet, membaca buku hingga mendatangi kantor pemadam kebakaran untuk menerima informasi yang lebih akurat. Bila perlu lakukan simulasi evakuasi dengan keluarga sebagai latihan dan persiapan diri untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana kebakaran di rumah baru. Jangan sepelekan resiko yang timbul dari kebakaran rumah baru dan menganggapnya tidak akan pernah terjadi dirumah milikmu.

Sebagai pemilik rumah baru kamu memiliki kewajiban penuh untuk melindungi rumah dan anggota keluarga lainnya dari hal – hal buruk yang tak terduga. Semoga penjelasan dan informasi tips diatas bisa memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat diterapkan dengan baik. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)