Kamis, 05 Oktober 2017

HP Android dan Cara Upgrade dengan System Update yang Benar

 
Saat ini, hampir sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Agar bisa berjalan, maka smartphone tersebut menggunakan sistem operasi dan salah satu diantaranya adalah OS Android. HP Android yang kini sudah bisa dibeli atau diperoleh di toko elektronik yang ada di sekitar tempat tinggal Anda atau di toko online terpercaya pilihan Anda, juga perlu untuk dilakukan upgrade.
 
Upgrade atau pembaharuan bermanfaat untuk memperbarui OS yang lama dan meningkatkan performa dari sistem operasi yang ada di ponsel android tersebut. Versi yang baru tersebut tidak hanya bisa meningkatkan performa namun juga untuk memperbarui celah sistem yang ada di versi yang sebelumnya sehingga ponsel android tersebut bisa lebih cepat, stabil dan lebih sempurna. Upgrade OS Android bisa dilakukan lewat ponsel langsung atau dengan melalui komputer.

Sebelum Anda melakukan upgrade, pastikan dahulu jika ponsel android Anda yang Anda miliki support atau bisa untuk upgrade ke versi yang terbaru. Biasanya, informasi tersebut bisa dilihat dari spesifikasi ponsel. Atau Anda bisa masuk ke bagian ‘pengaturan’ atau setting kemudian pilih ‘about’ dan masuk ke version. Jika ponsel Anda tersebut bisa upgrade maka akan ada pemberitahuan upgrade. Cara lainnya adalah dengan melihatnya langsung di website vendor ponsel Anda lalu cari type handphone Anda dan lihat di bagian spesifikasinya.

Jika Anda sudah yakin bahwa hp Android yang akan Anda miliki tersebut bisa Anda upgrade, maka selanjutnya adalah persiapkan sinyal internet. Pastikan jika internet yang akan gunakan bukan merupakan internet umum seperti wifi yang ada di cafe atau di tempat umum lainnya karena resiko virus dan hacker bisa lebih tinggi serta upgrade tidak terputus karena sinyal hilang saat upgrade. Jika internet di ponsel Anda tidak cukup, Anda bisa menggunakan jaringan wifi pribadi milik teman Anda. Jangan lupa untuk menyediakan memori yang cukup besar minimal 512 MB untuk berjaga-jaga hal yang tidak diinginkan.

Persiapan lainnya yang harus Anda lakukan sebelum Anda mulai untuk melakukan upgrade OS Android adalah:

  • Pastikan jika baterai ponsel Anda dalam kondisi yang penuh agar saat proses upgrade, ponsel Anda tidak mati. Jika mati, maka mau tidak mau Anda harus upgrade lagi.
  • Lakukan backup data. Anda bisa melakukan backup di memori eksternal Anda sebab di drive C nantinyaakanterformatsecaraotomatisataujikaAnda menggunakan akun di Google, Anda bisa menggunakan fasilitas backup.
Setelah persiapan tersebut, Anda sudah bisa upgrade OS. Kemudian masuk ke ‘setting’ atau ‘pengaturan’ dan pilih ‘tentang perangkat’ atau ‘about’ lalu pilih ‘update system’. Selanjutnya tunggu hingga proses sistem yang baru selesai. Kemudian setelah proses selesai akan keluar perintah Up to Date yang mendekam jika Anda sudah berhasil untuk meng-upgrade OS di ponsel android Anda ke versi yang baru.

Akan tetapi, proses untuk upgrade hp android belum selesai. jika Anda belum keluar, Anda akan mendapati perintah untuk instal dan jika proses tersebut sudah selesai maka akan berlangsung proses download. Tunggu terlebih dahulu hingga proses tersebut selesai. Apabila sudah selesai, maka ponsel Anda akan secara otomatis melakukan refresh atau reboot dan kemudian menyala dengan sendirinya yang menandakan jika proses untuk upgrade OS ke versi yang terbaru sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar dimoderasi untuk mengurangi SPAM. Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan KESAN :)